Pendidikan

PTDM UAD Instalasi PLTS untuk Pompa Air Sumur Dalam

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:03 | 31.00k
Tim PTDM UAD ketika instalasi PLTS di Kalurahan Serut Gunung Kidul (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)
Tim PTDM UAD ketika instalasi PLTS di Kalurahan Serut Gunung Kidul (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Tim Program Produk Teknologi yang Diseminasikan kepada Masyarakat (PTDM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menginstalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS untuk memompa air sumur dalam secara otomatis. Instalasi ini dilakukan di Kalurahan Serut, Gedangsari, Gunungkidul, DIY.

Kalurahan Serut merupakan kalurahan yang masuk dalam wilayah Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten. Tidak hanya masyarakat di perkotaan, masyarakat di pedesaan seperti di Kalurahan Serut merasakan bahwa listrik merupakan kebutuhan vital dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan kegiatan usaha.

Ketua Tim PTDM UAD, Umi Salamah mengatakan sumur di Kalurahan Serut merupakan sumber air bersih yang didistribusikan kepada warga untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. PLTS yang diinstalasi berkapasitas 5.000 Wp dengan menggunakan 20 panel surya 250 Wp. Teknologi ini telah beroperasi sekitar dua bulan. Sejauh ini PLTS berjalan cukup stabil dan mampu mencukupi kebutuhan listrik dari pompa air sumur tersebut.

“Sudah selayaknya teknologi bermanfaat di masyarakat, dirasakan kehadirannya, dan tidak hanya berhenti pada tataran teori dan kajian. PLTS bukan hal baru di dunia akademik dan riset, tapi bagi masyarakat desa masih menjadi hal ‘mewah,” katanya dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Selasa (12/10/2021)

Dosen Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Terapan UAD ini menjelaskan pada saat ini produksi energi listrik dengan menggunakan bahan fosil terutama minyak bumi menyebabkan masalah global emisi gas efek rumah kaca. PLTS menjadi salah satu energi terbarukan yang dikembangkan dan digunakan dunia saat ini.

“PLTS bukan teknologi baru di dunia riset dan akademik, tetapi masih menjadi teknologi mewah di masyarakat pedesaan. Seperti halnya di Kalurahan Serut, kalurahan yang mempunyai penduduk lebih dari 5.000 jiwa,” tambahnya

PTDM sendiri adalah program yang didanai oleh Badan Riset Inovasi Nasional atau BRIN, instalasi PLTS didanai dengan anggaran tahun 2021. Tahun ini, UAD menjadi salah satu perguruan tinggi yang dipercaya untuk menjalankan program pengabdian masyarakat bergengsi tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES