Peristiwa Daerah

Deklarasikan Zero HALINAR, Lapas Kota Banjar Bakar Barang Sitaan

Selasa, 12 Oktober 2021 - 20:50 | 28.71k
Pemusnahan barang sitaan hasil penggeledahan kamar hunian warga binaan dengan cara dibakar (foto:Susi/TIMES Indonesia)
Pemusnahan barang sitaan hasil penggeledahan kamar hunian warga binaan dengan cara dibakar (foto:Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARLapas kelas IIB Kota Banjar melaksanakan rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari Deklarasi Zero HALINAR (Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba) pada Selasa (12/10/2021). Acara itu kemudian dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti hasil penggeledahan Satgas Kamtib Lapas Banjar, Test Urine, Bimteknis Polsus Se-Kota Banjar dan Penanaman Pohon di lokasi Sarana Edukasi dan Asimilasi (SAE) Lapas Kota Banjar. 

Deklarasi tersebut bukan hanya sekedar seremonial belaka, namun merupakan bentuk penguatan komitmen yang telah terbentuk di Lapas Banjar.

Komitmen yang telah terbentuk ini diimplementasikan melalui kegiatan penggeledahan rutin terhadap kamar hunian demi mengantisipasi pungutan liar yakni melalui program bebas dari peredaran uang (BPU) melalui Pas Pay.

Dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Lapas juga rutin menggelar pelaksanaan Test Urine.

Kalapas, Muhammad Maulana Amd.IP., S.H.,M.Si, membuka langsung kegiatan yang diikuti sekitar 75 orang Polsus se-Kota Banjar diantaranya Satpol PP, Polhut, Polsus KA dan Polsuspas. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BNNK Ciamis, Polres Banjar dan Kejaksaan Negeri Banjar.

Kapolres Banjar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Banjar Iptu Yudi Ristiyanto, S.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa Polres Banjar mendukung Program Zero HALINAR ini, melalui kolaborasi dan sinergi yang dibangun dengan baik.

Kalapas berpoto bersama Polsus se kota BanjarUsai deklarasi Halinar, Kalapas berpoto bersama Polsus se-kota Banjar (foto: Susi/TIMES Indonesia)

"Polres dan Aparat Penegak Hukum lainnya telah beberapa kali bersama-sama melaksanakan sidak kamar hunian warga binaan," katanya.

Adapun kegiatan Bimteknis Polsus Se-Kota Banjar yang dilaksanakan di Lapas Banjar ini, merupakan bentuk pembinaan terhadap Polsus sehingga terjalin komunikasi dan sinergitas yang baik antara Polsus dalam melaksanakan tugas pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S. Sos, M. Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Lapas Banjar begitu aktif dalam melaksanakan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta berkomitmen untuk Perang Melawan Narkoba (War On Drug).

"Diantaranya melalui kegiatan Deklarasi Komitmen Anti Narkotika oleh Pegawai dan Warga Binaan, Program Rehabilitasi Penyalahguna Narkotika serta kegiatan sosialiasi P4GN," cetusnya.

Bentuk dukungan BNNK Ciamis dalam Deklarasi Zero Halinar ini yakni dengan melaksanakan Test Urine.

Lebih Lanjut Kalapas Kelas IIB Banjar Muhammad Maulana Amd.IP.,S.H.,M.Si, dalam sambutanya menyampaikan bahwa komitmennya untuk mendeklarasikan Zero Halinar dibangun melalui pembentukan mentalitas pegawai.

"Ada 7 karakter Pribadi Agung yang senantiasa kami laksanakan dalam rangka menguatkan setiap komitmen kami yakni bekerja dan berkarya dalam
rangka pengabdian, Senantiasa selalu merasa diawasi Allah S.W.T, Semangat Belajar dan Inovatif, Hidup Sederhana, Mengeliminasi Keserakahan, Bersyukur dan Rendah Hati dan terakhir selalu berfikir positif," paparnya.

Lebih lanjut, Kalapas menyebutkan bahwa deklarasi Zero Halinar merupakan Langkah Progressive yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas kegiatan lainnya.

"Kegiatan lainnya yang kami lakukan diantaranya Penertiban Jaringan Listrik, Razia Handphone dalam rangka peningkatan kewaspadaan keamanan dan ketertiban, hasil dari kegiatan yang telah kami laksanakan, secara bersama-sama kita lakukan pemusnahan dengan cara dibakar," tambahnya.

Diakhir kegiatan, Polsus se-Kota Banjar melaksanakan penanaman pohon durian di Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar dalam rangka program ketahanan pangan dan Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP). (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES