Pendidikan Indonesia Herd Immunity

Tinjau Vaksinasi Covid-19, Kasal Yudo Margono Beri Motivasi Santri di Jombang

Selasa, 12 Oktober 2021 - 18:10 | 40.10k
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat di ajak foto salah satu santri Darul Ulum usai memberi motivasi dan semangat pada pelaksanaan vaksinasi di Unipdu Jombang (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat di ajak foto salah satu santri Darul Ulum usai memberi motivasi dan semangat pada pelaksanaan vaksinasi di Unipdu Jombang (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Selasa (12/10/2021)

Sedikitnya seribu santri Ponpes Darul Ulum sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi. Sejak pagi para santri sudah mengantre di lokasi, yakni di depan kampus Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu).

Yudo-Margono-2.jpgKepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono  menaburkan bunga saat ziarah makam pendiri Ponpes Darul Ulum Jombang (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia) 

Seperti biasanya, sebelum vaksin para santri terlebih dahulu menjalani skrining kesehatan yang meliputi pemeriksaan tensi darah. Jika lolos di tahap ini, mereka bergeser ke meja penyuntikan vaksin. Semua berlangsung tertib dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Laksamana TNI Yudo Margono yang datang ke lokasi terlebih dahulu ke Rumah KH Zaimuddin Wiyaja As'ad, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum. Tak lupa ia juga ziarah ke makam pendiri Ponpes Darul Ulum.

Dengan hidmad ia membacakan doa tahlil yang dipimpin oleh KH Zaimuddin Wiyaja As'ad, juga didampingi oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Usai ziarah makam orang nomor satu di TNI AL ini langsung memantau jalannya vaksinasi. Sifat tegasnya dalam bertugas sebagai TNI AL akhirnya luluh saat bertemu dengan santri-santri Darul Ulum. Tanpa rasa ragu dan penuh kelembutan Kasal menyapa dan berdialog dengan santri.

Yudo-Margono-3.jpgPenyerahan cindera mata dari Kasal ke Ponpes Darul Ulum FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Dengan penuh keyakinanbeberapa kali saat dialog Kasal juga memberikan semangat dan motivasi kepada para santri untuk giat belajar. Tanpa rasa canggung beberapa kali santri juga meminta foto bersama.

Dalam pemantauan tersebut, Kasal didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan pengasuh PPDU Jombang KH Zaimudin As’ad atau Gus Zuem serta Zahrul Azhar Asumsa As’ad alias Gus Hans.

Dalam konferensi Persnya Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, vaksinasi untuk santri sangat penting. Pasalnya, saat ini di pesantren sudah dimulai pembelajaran tatap muka (PTM). "Pesantren sudah mulai PTM, Ini sekaligus untuk mempercepat terciptanya herd immunity di lingkup pesantren," ujar Yudo Margono.

Yudo Margono menjelaskan, di Ponpes Darul Ulum, pihaknya menyiapkan dua ribu dosis vaksin jenis Sinovac. Rinciannya, seribu vaksin untuk santri dan seribu lagu untuk masyarakat umum. Seluruh tenaga kesehatan atau vaksinator juga berasal dari TNI AL.

Pihaknya sengaja menyisir lembaga pendidikan dan pesantren untuk vaksinasi kali ini. Pasalnya, vaksinasi Covid-19 untuk warga di pulau terluar dan pesisir sudah tuntas dilaksanakan oleh TNI AL. "Untuk vaksinasi di pulau terluar sudah selesai kami laksanakan. Makanya, kami melanjutkan ke lembaga pendidikan," pungkasnya.

Sementara itu, Zahrul Azhar Asumsa As’ad alias Gus Hans salah satu pengasuh Ponpes Darul Ulum mengungkapkan, sudah 100 persen sudah melaksanakan vaksin dosis pertama. Ini proses vaksin yang ke dua.

Lanjut Gus Hans menjelaskan jika aktifitas pembelajaran sudah berjalan seperti biasanya. Mengingat sudah santri sudah vaksin maka sudah ada kelonggaran dalam belajar.

"Baru dua minggu ini, para santri sekolah dengan seragam. Sebelumnya tidak dan pakai sistem bergantian ganjil genap," ujarnya saat mendampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono meninjau vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darul Ulum Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES