Indonesia Positif

Pemkab Purbalingga kembali Salurkan Santunan untuk 300 ODKB dan 71 Anak Yatim/Piatu

Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:48 | 28.02k
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM serahkan bantuan rutin tahunan. (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM serahkan bantuan rutin tahunan. (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga (Pemkab Purbalingga) Jawa Tengah rutin setiap tahun memberikan santunan terhadap 300 orang dengan kecacatan berat (ODKB) melalui APBD kabupaten.

Tahun ini, pemerintah juga memberikan santunan kepada anak yatim/piatu/yatim-piatu yang orangtuanya meninggal akibat Covid-19.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengungkapkan bantuan ODKB ini untuk menyemangati baik ODKB maupun keluarga yang merawatnya. Besaran santunan yang diberikan yakni Rp 300 ribu per bulan.

Pemkab Purbalingga 2

“Pada tahap pertama ini, bantuan yang diberikan untuk 6 bulan, sehingga masing-masing mendapatkan Rp 1,8 juta,” kata Bupati usai acara penyerahan bantuan di Kantor Kecamatan Bojongsari, Selasa (12/10/2021).

Bupati mengakui besaran bantuan/santunan ini nilainya tidak besar. Akan tetapi pemberian ini merupakan ketulusan pemerintah untuk meringankan beban mereka.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdalduk-KBPPPA) Kabupaten Purbalingga, Raditya Widayaka AP mengatakan, selain dilakukan penyerahan bantuan untuk ODKB, juga diberikan bantuan dari program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) anak dari Kemensos.

Pemkab Purbalingga 3

“Program ATENSI anak diberikan kepada anak yatim/piatu/yatim-piatu yang orangtuanya meninggal akibat Covid-19,” katanya.

Bantuan program ATENSI Pemkab Purbalingga ini yakni berupa uang tunai dalam bentuk tabungan Bank Mandiri yang berisi saldo untuk 2 bulan (September-Oktober). Besaran bantuan yakni Rp 200 ribu per bulan untuk anak sekolah dan Rp 300 ribu untuk anak yang belum sekolah. Sedang jumlah penerima baru sebanyak 75 orang se Purbalingga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES