Ekonomi

Cilok Imaci Merambah Banyak Wilayah, Contoh Sukses Pelaku UMKM Kota Tasikmalaya

Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:08 | 59.83k
Pelaku UMKM Kota Tasikmalaya Imas Kanah memperlihatkan Imaci saat berfoto bersama dengan Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf, Aula Balai Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia) 
Pelaku UMKM Kota Tasikmalaya Imas Kanah memperlihatkan Imaci saat berfoto bersama dengan Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf, Aula Balai Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Siapa yang tak mengenal cilok, makanan ini merupakan salah satu yang khas dari Kota Tasikmalaya dan beberapa daerah di Jawa Barat. 

Selain banyak dibeli oleh anak-anak, cilok menjadi pilihan makanan anak muda milenial saat ini karena sajiannya hadir dengan berbagai varian isian. Mulai cilok sambal goang, cilok gajih, ayam jujut, dan cilok tahu, selain itu juga harganya murah serta terjangkau. 

Pelaku UMKM asal Kota Tasikmalaya, Imas Kanah mengisahkan, dirinya mulai menggeluti usaha cilok sejak 2014. Itu berawal dari dirinya memproduksi cilok dan memasarkannya dari rumah ke rumah di sekitar lingkungannya. 

"Asal mula saya dagang cilok dari rumah ke rumah awalnya tahun 2014, saat itu saya belum punya anak, alhamdulilah usaha saya sekarang berkembang dan bertahan," tuturnya. 

Ibu tiga anak ini merupakan pelaku UMKM yang dibina oleh Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Kota Tasikmalaya. Sampai saat ini usaha pesat berkembang, pemasaran produk selain di Kota Tasikmalaya juga dipesan oleh beberapa reseller dari Cikoneng, Ciamis, Manonjaya,  Banjar, Pangandaran, bahkan sampai Bekasi. 

"Produk cilok saya namai Imaci, sekarang sudah mempunyai pedagang delapan orang, ada yang pake sepeda motor dan gerobak dorong, pemasarannya sampai ke Cikarang Bekasi," tuturnya. 

Istri dari Didin Saepudin ini bersyukur atas dorongan dan bimbingan pemerintah melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Kota Tasikmalaya dapat mempertahankan usahanya walaupun masa pandemi. Tapi kuncinya, cilok Imaci Kota Tasikmalaya tetap mempertahankan rasa dan kualitas bahan yang bermutu bagus. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES