Indonesia Positif

Jaga Keselamatan Wisatawan, Pelaku Wisata Kota Pariaman Dibekali Skill Lifeguard

Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:12 | 46.12k
Pelatihan lifeguard di Kota Pariaman. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman)
Pelatihan lifeguard di Kota Pariaman. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Pemkot Pariaman, Sumatera Barat, menggelar pelatihan lifeguard kepada para pelaku wisata dan pemuda sekitar destinasi. Pelatihan ini dilakukan agar para wisatawan yang berkunjung di Kota Pariaman bisa memperoleh keamanan, karena setiap pengelola wisata telah berbekal ilmu lifeguard dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista).

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, menyebutkan pelatihan kali ini melibatkan 40 orang sebagai peserta. Semuanya akan mengikuti pelatihan selama 3 hari ke depan.

"Selain bisa manajemen pengelolaan wisata, maka wajib di setiap wisata Kota Pariaman ada tim lifeguard," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, Selasa (12/10/2021).

Marhen menjelaskan, Kota Pariaman memiliki potensi wisata bahari seluas 12,6 km. Dengan topografi seluas ini, maka dibutuhkan banyak tim lifeguard di setiap destinasi pesisir yang ada. Seperti di destinasi Pantai Sunur, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Talao Pauh, Pantai Apar dan Padang Birik-Birik.

"Nantinya mereka yang mengikuti pelatihan lifeguard ini akan menjadi penjaga pantai-pantai di Kota Pariaman. Sehingga rasa aman akan dimiliki oleh setiap wisatawan," katanya.

Pelatihan ini, kata Marhen, dilakukan di Pulau Si Randah Sumatera Barat. Dengan melibatkan pelatih profesional dari Balawista Nasional sebanyak 4 orang. Dia berharap, wisatawan lokal maupun luar daerah tidak perlu lagi khawatir jika ingin berlibur di Kota Pariaman.

"Seiring berkembangnya inovasi pariwisata di Pariaman maka harus diimbangi dengan lifeguard yang memadai dan profesional. Bagaimanapun keselamatan adalah prioritas yang wajib diberikan bagi setiap wisatawan," katanya.

Asep Edon, salah satu pelatih profesional lifeguard menjelaskan jika objek wisata di Kota Pariaman kebanyakan adalah kawasan pantai. Sebab itu, penting untuk setiap destinasi memiliki relawan lifeguard. Selain dapat menyelamatkan wisatawan, para lifeguard ini diharuskan mampu mengedukasi wisatawan tentang spot-spot rawan.

"Banyak pengunjung baik anak-anak maupun orang dewasa tergoda untuk mandi ombak. Nah di sinilah tugas lifeguard untuk memberikan edukasi pentingnya keselamatan. Seperti kita tahu Kota Pariaman ini memiliki banyak destinasi pantai," kata Asep Edon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES