Wisata

Inisiatif Jadikan Sungai Serayu Objek Wisata, Lanal Cilacap Gandeng Pemkab Banyumas

Selasa, 12 Oktober 2021 - 13:23 | 25.69k
Komandan Lanal Cilacap saat meninjau lokasi bakal objek wisata air Susur Sungai Serayu, Banyumas. (FOTO: Penlanal Cilacap for TIMES Indonesia)
Komandan Lanal Cilacap saat meninjau lokasi bakal objek wisata air Susur Sungai Serayu, Banyumas. (FOTO: Penlanal Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Menindaklanjuti rencana atau inisiatif mengembangkan wisata air di Sungai Serayu, Banyumas, Jawa Tengah, Komandan Pangkalan TNI AL atau Lanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo meninjau lokasi tersebut, Selasa (12/10/2021).

Seperti diketahui, Banyumas merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki Sungai Serayu, sungai yang cukup besar dan panjang.

Hulunya saja terletak di pegunungan Dieng, Banjarnegara dan hilirnya di Adipala, Cilacap sehingga sungai tersebut membentang dan membelah empat kabupaten, yakni Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap sejauh sekitar 181 km.

Di sepanjang aliran sungai terdapat lembah dengan pemandangan pegunungan yang  ditumbuhi hutan pinus yang sangat indah.

Di lokasi inilah, Bupati Banyumas Achmad Husein akan mengembangkannya menjadi objek wisata dengan nama Susur Sungai Serayu mulai dari Papringan hingga Jembatan Kereta Api.

Menurut Danlanal, Bupati Banyumas melalui Kepala Dinas Perhubungan Agus meminta bantuan pihaknya untuk memberi pembekalan kepada masyarakat pesisir Sungai Serayu yang akan mengoperasikan perahu sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), yang nantinya akan digunakan susur sungai, juga membantu pengamanan sekitar perairan.

"Saya menyambut baik adanya kerja sama Pemkab Banyumas dan Lanal Cilacap. Oleh karena itu saya langsung survei ke lokasi bersama Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas," ungkap Danlanal.

Ia menekankan, Lanal Cilacap siap membantu Pemkab Banyumas untuk memberikan pembekalan kepada masyarakat yang mengoperasikan perahu untuk menyusuri Sungai Serayu.

"Bantuan pengamanan ini merupakan salah satu wujud operasi militer selain perang, yaitu membantu tugas pemerintah daerah, khususnya bagi masyarakat yang akan berwisata Susur Sungai Serayu," ungkap Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES