Pemerintahan

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Kemenkumham RI Digitalisasi Layanan Publik

Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:47 | 38.86k
Mekumham RI Yasonna H Laoly. (FOTO: Kemenkumham RI).
Mekumham RI Yasonna H Laoly. (FOTO: Kemenkumham RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly megatakan, Kemenkumham RI telah mengambil langkah strategis dalam membantu pemulihan ekonomi nasional melalui digitalisasi penyelenggaraan layanan publik.

Demikian kata Yasonna dalam seminar nasional bertajuk 'Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional' yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube DJHAM, Selasa (12/10/2021).

"(Digitalisasi) layanan administrasi hukum umum, layanan kekayaan intelektual, sampai pada layanan keimigrasian bertujuan untuk menghadirkan layanan yang lebih optimal," ucap Menteri Yasonna.

Menurut Yasonna, salah satu peran Kemenkumham dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui digitalisasi adalah memberikan akses yang lebih mudah kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membentuk perseroan berbadan hukum perorangan melalui aplikasi Perseroan Perorangan.

Kata dia, peluncuran aplikasi Perseroan Perseorangan dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM yang bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk guna memudahkan pelaku usaha dalam melakukan pendaftaran, perubahan, dan menyampaikan laporan keuangan.

"Jumat lalu, (Kemenkumham) sudah launching aplikasi Perseroan Perseorangan yang kita harapkan akan mampu mengangkat perekonomian nasional melalui UMKM," imbuh Menteri asal PDI Perjuangan.

Ditegaskan, Kemenkumham RI berkomitmen untuk meningkatkan dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional melaui akselerasi kebijakan dalam mendorong kemudahan berusaha melalui pembenahan regulasi, seperti pembenahan Undang-Undang Kepailitan, Undang-Undang Perseroan Terbatas, hingga penyederhanaan proses perizinan. "Perencanaan dan harmonisasi peraturan perundang-undangan diarahkan untuk mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam mendorong proses pemulihan ekonomi nasional dan keberhasilan penanganan pandemi Covid-19," kata Yasonna. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES