Pemerintahan

Wapres RI Minta Kemenkumham RI Lakukan Reformasi Legislasi dan Regulasi

Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:33 | 24.26k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres).
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin mendorong Kemenkumham RI proaktif melakukan reformasi dalam bidang legislasi dan regulasi sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Wapres dalam pidato kunci seminar nasional bertajuk 'Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional", sebagai rangkaian acara peringatan Hari Dharma Karya Dhika, melalui konferensi video dikutip, Selasa (12/10/2021).

"Saya mengharapkan Kemenkumham lebih proaktif melakukan reformasi di bidang legislasi dan regulasi yang diperlukan bagi upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional," ucap Wapres.
 
Wapres berharap, regprmasi legislasi dan regulasi tersebut, kondisi perekonomian nasional yang terdampak pandemi dapat tumbuh dan berkembang di tengah kompetisi global semakin ketat.

"Salah satu prioritas kita dalam hal ini adalah mendorong agar pelaku usaha, terutama UMKM dapat terus tumbuh dan berkembang di era disrupsi dan kompetisi yang makin ketat, saat ini, dan ke depan," jelasnya.

Pengembangan UMKM menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional karena sektor tersebut merupakan tulang punggung perekonomian nasional serta dapat menyediakan lapangan kerja secara signifikan.

Reformasi regulasi tersebut harus dilakukan dengan berdasarkan asas aspiratif, akomodatif, selektif, dan tidak diskriminatif sehingga keseimbangan di sektor ekonomi dan kesehatan dapat terjaga.

"Dalam sistem tata hukum ketatanegaraan Indonesia, setiap keputusan dan tindakan diharuskan berdasarkan pada asas-asas umum pemerintahan yang baik," demikian kata Wapres RI KH Ma'ruf Amin minta Kemenkumham RI melakukan reformasi dalam bidang legislasi dan regulasi untuk pempercepat pemulihan ekonomi nasional.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES