Indonesia Positif

Simpul Relawan Izi Jember Bagikan Sembako Bagi Warga Terdampak Covid-19

Selasa, 12 Oktober 2021 - 13:49 | 30.84k
Penyaluran bantuan oleh SRI Jember kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: SRI Jember for TIMES Indonesia)
Penyaluran bantuan oleh SRI Jember kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: SRI Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Aksi kemanusiaan masih terus digencarkan mengingat kondisi Covid-19 yang masih belum usai. Kali ini, Simpul Relawan Inisiatif (SRI) IZI Jember yang bergerak dibidang penyaluran bantuan sosial dibawah naungan lembaga IZI, membagikan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 dibeberapa titik wilayah Jember, pada, Senin (11/10/2021). 

SRI merupakan relawan binaan dari lembaga zakat Inisiatif Zakat indonesia (IZI), yang terdiri dari beberapa elemen baik dari pemuda, pelajar dan masyarakat umum.

Dalam kegiatan ini, bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang disalurkan kepada pelaku UMKM, pedagang keliling, pedagang kecil, guru mengaji, dan janda.

"Selama pandemi mereka sudah kehilangan pekerjaan utama sehingga mereka harus berjualan seadanya dan ada juga yang harus bekerja serabutan guna menyambung hidup," ungkap Mohammad Isbat, Ketua Tim SRI Jember.

Para pedagang keliling yang biasanya berjualan di sekolah, lanjutnya, namun, selama pandemi dan PPKM mereka tidak bisa berjualan lagi karena kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring. 

Tidak hanya itu, salah satu pedagang bakso, Rohman juga turut merasakan dampak yang sama. Ia mengatakan, kebijakan PPKM memaksa dirinya untuk mencari sumber pendapatan lain dan menjadi pekerja serabutan. 

"Setelah masa-masa sulit itu berlalu dan keadaan mulai membaik, saya mulai membuka usaha lagi yaitu dengan menjual bakso pada malam hari, itu pun tak seberapa yang bisa saya hasilkan, kadang terjual habis dan kadang pun masih banyak yang tersisa," keluh Rohman. 

Selain itu, Janda yang hidup sebatang kara ditempat yang kurang layak juga menjadi sasaran penerima bantuan dari SRI Jember. 

"Semenjak suaminya meninggal dan rumahnya dijual oleh anak nya. Sekarang, ia hidup sebatang kara dan harus banting tulang sendiri demi mencukupi kebutuhan sehari-hari," terang Isbat. 

Lebih lanjut, bantuan tersebut juga disalurkan kepada guru mengaji yang usaha sampingannya terdampak PPMM. 

"Alhamdulillah terima kasih pada para donatur IZI semoga keberkahan selalu menyertai agar senantiasa dapat berbagi ditengah pandemi," pungkas Ketua Tim SRI Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES