Wisata

Wisata di Curug Ciparakan Pangandaran Dijamin Bikin Pikiran Segar

Selasa, 12 Oktober 2021 - 07:22 | 136.03k
Lokasi dan kondisi di Curug Ciparakan (Foto : BUMDes Desa Cibanten)
Lokasi dan kondisi di Curug Ciparakan (Foto : BUMDes Desa Cibanten)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Keindahan Curug Ciparakan (Cipar) kini menjadi salah satu tujuan objek wisata air oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Selain indah, Curug Ciparakan yang berlokasi di Desa Cibanten, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini jadi tujuan wisatawan karena bisa dijadikan arena body rafting.

Tokoh Pemuda Penggerak Destinasi Wisata Desa Cibanten Nanar Sunarya mengatakan, semula Curug Ciparakan dikelola oleh pemuda penggiat wisata dari Dusun Cicurug dan Dusun Cibodas.

"Karena potensi pengunjung terus mengalami kenaikan selama 8 bulan, maka terjadi musyawarah dengan hasil pengelolaan oleh BUMDes," kata Nanar, Senin (11/10/2021).

Nanar menambahkan, pengunjung baik dari luar daerah atau warga Pangandaran setiap minggu tidak kurang dari 4000 orang. Tidak hanya wisatawan lokal yang datang ketempat ini, bahkan turis mancanagara juga banyak yang berkunjung.

Curug-Ciparakan-2.jpg

Namun khusus untuk hari Jumat, objek wisata Curug Ciparakan dibuka hanya sampai pukul 13.00 WIB.

Perjalanan menuju lokasi Curug Ciparakan sepanjang jalan disuguhi pemandangan indah pengunungan dan hamparan pesawahan. Namun, untuk sampai ke tujuan Curug Ciparakan pengunjung hanya bisa menggunakan motor atau sepeda.

"Jarak tempuh dari Kantor Camat Cijulang sekitar 10 Kilometer dengan menggunakan kendaraan minibus," paparnya.

Biaya tiket masuk ke Curug Ciparakan Rp5000, parkir Rp2000, sewa ban dan pelampung Rp5000. Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati hidangan masakan nasi paket liwet yang dimasak secara tradisional dengan berbagai menu pilihan.

Air terjun dan sungai dengan air yang jernin ini bisa menjadi lokasi alternatif liburan di akhir pekan. Pengunjung Curug Ciparakan yang datang selain bermain body rafting dan renang bebas, juga bisa menikmati fasilitas Water Jump atau arena lompat dari ketinggian meluncur terbang bebas ke air dan permainan tradisional Golewang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES