Peristiwa Nasional

Batik Nusantara Celebration, Grup Accor Apresiasi Batik Rangkul Ekraf Lokal

Senin, 11 Oktober 2021 - 22:45 | 81.86k
Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (keempat dari kiri) usai peluncuran Batik Nusantara Celebration dari ALL - Accor Live Limitless (FOTO: Grup Accor for TIMES Indonesia) Sandiaga ketika meninjau salah satu pameran batik di loby The Phoenix Hotel Yogy
Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (keempat dari kiri) usai peluncuran Batik Nusantara Celebration dari ALL - Accor Live Limitless (FOTO: Grup Accor for TIMES Indonesia) Sandiaga ketika meninjau salah satu pameran batik di loby The Phoenix Hotel Yogy

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama grup perhotelan Accor melanjutkan kolaborasinya dengan menghelat acara peluncuran ‘Batik Nusantara Celebration dari ALL - Accor Live Limitless dengan Pelaku Ekonomi Kreatif’ (ekraf). Acara dikemas secara hybrid pada Minggu (10/10/2021) di The Phoenix Hotel Yogyakarta – MGallery Collection, Yogyakarta.

Seperti diketahui, Hari Batik Nasional diresmikan jatuh setiap 2 Oktober. Tanggal disaat UNESCO pada tahun 2009 resmi mengakui Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Tema batik kali ini, diangkat dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional tahun ini. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada batik, bagian dari seni dan budaya bangsa, serta turut  mendukung pelaku ekonomi kreatif khususnya penggiat batik.

Batik Nusantara Celebration dari ALL - Accor Live Limitless adalah program yang dijalankan serentak oleh jaringan hotel Accor di lebih dari 30 destinasi di Indonesia. Program ini merupakan bagian dari kampanye sepanjang tahun grup Accor bertajuk ‘Rediscover Indonesia bersama ALL – Accor Live Limitless’.

Sandiaga Salahuddin Uno yogyakarta 2

Kampanye tersebut mengajak  tamu selain  menginap, juga menikmati pengalaman lokal ikonik yang luar biasa melalui empat pilar utama yakni kuliner, seni dan budaya, kebugaran, kesehatan, dan destinasi, melalui kemitraan dengan ratusan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Selain itu, salah satu brand premium Accor yaitu MGallery melalui 4 hotel yang berpartisipasi menghadirkan pengalaman ikonik batik ‘Inspired by Her’ yang menginspirasi para perempuan. Program-program ini mendorong gerakan #BanggaBuatanIndonesia #BeliKreatifLokal #BanggaBerwisataDiIndonesia dan #DiIndonesiaAja.

Dalam sambutannya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, banyak daerah di Indonesia yang memiliki wastra khasnya, dan salah satunya adalah batik. Ia jua mengapresiasi grup Accor yang menggagas acara ini dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sebagai kelanjutan kolaborasi dengan grup Accor sejak tahun 2012.

“Kita dukung promosi batik sebagai warisan budaya dan bangkitkan optimisme pelaku ekraf untuk segera pulih di masa pandemi ini,” ujar Sandiaga yang juga Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta

Dia menyampaikan di masa pendemi ini, tingkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan prinsip 3 G (Gercep – Gerak Cepat, Geber – Gerak Bersama, dan Gaspol – Garap Semua Potensi).

“Hal ini agar kita yang di Indonesia ini juga mendorong gerakan #DiIndonesiaAja dan #BeiiKreatifLokal. Bangkit usaha kecil, menang melawan Covid-19, together we can!,” imbuhnya

Garth Simmons, CEO of Accor Southeast Asia, Japan and South Korea mengungkapkan bahwa pihaknya merayakan Hari Batik Nasional yaitu setiap tanggal 2 Oktober. Untuk  mempromosikan keunikan dan kekayaan batik melalui penawaran kreatif lebih dari sekadar menginap di lebih dari 130 hotel di seluruh Indonesia, dalam program yang berlangsung sepanjang tahun, Rediscover Indonesia by ALL.

“Dukungan kami berikan bagi para mitra pelaku ekonomi kreatif, dan kami ingin menginspirasi kejayaan Indonesia melalui batik,” katanya dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia

Peluncuran acara diisi dengan berbagai tari Gebyar Batik dari PLT Bagong Kussudiardja, peragaan busana batik oleh enam designer perempuan (Darie Gunawan, Endarwari, Janna, Caroline Rika, Soppemirremarata, Rumah Produksi Junk Q), pameran produk batik dari perwakilan 16 pelaku ekonomi kreatif yang berlangsung di The Phoenix Hotel Yogyakarta.

Mereka terdiri dari mitra hotel-hotel Accor di wilayah Yogyakarta, Solo dan Semarang, Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB), juga Kita Muda Kreatif binaan UNESCO dan CITI Foundation.

Bukan hanya menyuguhkan batik, BBKB misalnya, mereka mempresentasikan aplikasi scan batik yang dapat mengukur keaslian sebuah batik tulis. sementara Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, mereka mempresentasikan relief dekoratif candi yang dituangkan ke dalam batik tulis.

Tak hanya itu, dalam event tersebut, perwakilan hotel-hotel Accor yang ada di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua melalui vidio confrence menampilkan cerita batik dan penawaran pengalaman batik di daerah masing-masing bersama mitra ekonomi kreatif.

Hotel-hotel Grup Accor tersebut sebagai berikut :

1. Amarterra Villas Bali Nusa Dua - MGallery; menampilkan masker bermotif Batik Pisan Bali serta menyediakan kelas membatik di hotel yang bermitra dengan seniman lokal.

2. Mercure Bengkulu; bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kota Bengkulu, Duta Wisata Bengkulu, serta mitra ekraf dalam mempromosikan Kain Besurek.

3. Mercure & ibis Samarinda; mempromosikan salah satu batik, yaitu Batik Dayak,  asal Kalimantan Timur.

4. Novotel Manado Golf Resort & Convention Center; bekerja sama dengan UMKM Krisma Kain Bentenan menyediakan selendang Bentenan yang unik untuk menyambut tamu VIP kami dan pejabat pemerintah.

5. Mercure Jayapura; mempromosikan batik dengan motif khas Papua bekerja sama dengan Jimmy Affar yang menaungi industri batik Papua.

6. Grand Mercure Surabaya City; bekerja sama dengan Etnura, pelaku ekraf batik binaan  Dekranasda Jawa Timur yang menampilkan ragam batik Jawa Timur. Diantaranya batik dari Banyuwangi, Probolinggo, Lamongan, dan lainnya yang diperagakan oleh Puteri Indonesia Jawa Timur 2022. Para Runner Up dan Top 5 dari pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur 2022, bekerja sama dengan Ikatan Alumni Puteri Indonesia Jawa Timur

7. Grand Mercure Malang Mirama; hotel yang baru saja diperkenalkan oleh Accor sebagai hotel premium Accor pertama di Malang ini menampilkan berbagai karya seni artis lokal dan produk pelaku ekonomi kreatif termasuk batik khas Malang di hotel grup perhotelan Accor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES