News Commerce Indonesia Bangkit

Sale Pisang Sultan, Kesukaan Wisatawan yang Datang ke Kota Banjar

Selasa, 12 Oktober 2021 - 02:25 | 125.80k
Wisatawan asing saat memborong cemilan Sale Sultan (Foto: Dokumen Sale Sultan)
Wisatawan asing saat memborong cemilan Sale Sultan (Foto: Dokumen Sale Sultan)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, BANJAR – Selalu ada cerita menarik di balik perjuangan para pelaku UMKM di Kota Banjar, Jawa Barat agar tetap bisa bertahan sampai saat ini. Di balik kegagalan, menjadi motivasi bagi Euis Hidayah, owner Sale Pisang Sultan, produk UMKM binaan Dinas KUKMP Kota Banjar untuk bisa bangkit dan merajut mimpi sukses melalui usaha tersebut. 

Itu berawal dari ceritanya ketika sang suami, Aten Syamsuri yang terkena PHK massal dari salah satu perusahaan nasional pada 2017 silam, yang mengharuskan mereka untuk mencari sumber penghasilan lain yang menjanjikan. 

Pasangan suami istri ini mencari inspirasi usaha apa yang bisa dilakukan dengan modal minim dan gampang mencari bahan bakunya. 

Tepatnya di awal tahun 2020, keduanya mulai merintis usaha memproduksi sale pisang dengan keterbatasan ilmu dan modal seadanya.

cemilan Sale Sultan aEuis Hidayah, owner Sale Sultan memperlihatkan produknya (Foto: Dokumen Sale Sultan)

"Ini terinspirasi dari makanan buah kesukaan keluarga yaitu pisang. Maka kami mencari cara bagaimana makanan favorit harus jadi sumber penghasilan untuk menopang ekonomi keluarga," kisah Euis kepada TIMES Indonesia.

Dari sanalah, lanjut Euis, inspirasi datang untuk memproduksi sale pisang dan mulai fokus menggeluti usahanya untuk menyambung kehidupannya. 

Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir kemudian dijemur. Dipilih dari pisang yang sudah mantek untuk menghasilkan sale pisang yang baik, manis dan tahan lama. 

Sale pisang ini memang sudah sangat populer di Indonesia di mana produk ini menjadi salah satu camilan favorit yang kerap dinikmati saat acara berkumpul dan sering juga dijadikan oleh-oleh.

cemilan Sale Sultan bProduk Sale Sultan ini laris di pasaran (Foto: Dokumen Sale Sultan)

"Melihat permintaan pasar sale pisang sangat tinggi dari waktu ke waktu, membuat peluang bisnisbya semakin diperhitungkan," tuturnya.

Keduanya terinspirasi untuk memanfaatkan peluang bisnis sale pisang ambon di Kota Banjar tepatnya di Lingkungan Sumanding Wetan RT 01 RW 15, Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar. 

"Sejak awal produksi alhamdulillah mendapat respons baik dari konsumen, terutama para pecinta sale pisang ambon. Sehingga kami memberanikan diri untuk menyebarkan produk sale pisang ambon ke beberapa toko oleh-oleh dan pasar tradisional di Kota Banjar serta pengiriman ke berbagai daerah. zsampai ada konsumen bule yang memborong produk kami langsung untuk oleh-oleh ke negaranya," papar owner Sale Pisang Sultan, produk UMKM Kota Banjar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES