Ekonomi

Mencicipi Akar Kelapa, Cemilan Kaya Rasa Oleh-oleh Khas Indramayu

Senin, 11 Oktober 2021 - 17:58 | 48.01k
Meike dan produk cemilan Akar Kelapanya.(Foto: Meike Melawati for TIMES Indonesia)
Meike dan produk cemilan Akar Kelapanya.(Foto: Meike Melawati for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Satu lagi oleh-oleh khas Kabupaten Indramayu yang wajib dicoba saat anda berkunjung ke Kota Mangga. Ya, Cemilan Akar Kelapa, merupakan makanan ringan khas Indramayu yang kaya rasa. 

Makanan ringan ini lahir dari tangan kreatif Meike Melawati (32), seorang wanita asal Desa Mulyasari, Kecamatan Bangodua, Indramayu, Jawa Barat.

Kepada TIMES Indonesia, Meike menceritakan, cemilan Akar Kelapa terinspirasi dari cemilan khas lebaran yang biasa dibuat oleh sang ibu. "Cita rasa asli cemilan Akar Kelapa adalah gurih dan manis," jelasnya, Senin (11/10/2021).

camilan Akar Kelapa 2

Cemilan akar kelapa terbuat dari bahan dasar tepung ketan, santan gula yang kemudian diadon sampai kalis lamu, kemudian dicetak dan selanjutnya digoreng.

Di tangan Meike, cemilan Akar Kelapa menjadi banyak varian rasa dan mempunyai rasa yang tidak membosankan alias kekinian, seperti greentea, mangga, durian, serta coklat. Tak heran, oleh-oleh cemilan akar kelapa digandrungi dan bisa dinikmati segala usia.

"Ibu Bupati (Nina Agustina Dai Bachtiar) pernah coba yang rasa coklat, dan katanya  rasanya enak, manis, dan gurih. Sampai-sampai Ibu Bupati pesan langsung 5 toples untuk dibawa olehnya," ujarnya wanita kelahiran Indramayu, 25 Mei 1989.

Meike memastikan bahwa produk yang dibuat olehnya sudah mendapatkan lisensi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikat Halal. Sehingga, aman dan higienis untuk dikonsumsi.

Meike sendiri belum lama menggeluti usah produksi oleh-oleh cemilan akar kelapa. Dimulai pada tahun 2019, ia mengaku kini omset penjualan telah mencapai jutaan rupiah dalam sebulan. "Pemesan juga bukan hanya dari Indramayu tetapi sudah banyak dikirim ke luar daerah," ujar Meike.

Ide usaha dimulai Meike ketika berpisah dengan sang suami. Saat itulah ia ingin mandiri dan menggeluti bisnis untuk tetap membuat dapur mengepul. "Saya berusaha bangkit mandiri demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Akhirnya, saya memutuskan untuk terjun ke dunia UMKM dengan berjualan cemilan Akar Kelapa," ujar Meike.

Produk oleh-oleh cemilan akar rumput dipasarkan Meike melalui online. Selain itu, juga tersedia di beberapa tempat sentra oleh-oleh atau kafe. Meike pun menjualnya dengan harga Rp 18 ribu hingga Rp 35 ribu.

"Pemesanan cemilan Akar Kelapa ini juga bisa melalui media sosial Facebook serta Instagram," tutur Meike mengenai Cemilan Akar Kelapa, oleh-oleh khas Kabupaten Indramayu yang kaya rasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES