Ekonomi

Jus Honje Lakaku, Minuman Berkhasiat Tingkatkan Stamina, Produk UMKM Kota Tasikmalaya 

Senin, 11 Oktober 2021 - 15:50 | 86.46k
Pelaku UMKM Maman memperlihatkan produk minuman kemasan botol Jus Honje Lakaku saat berfoto bersama Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf di Aula Balai Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia) 
Pelaku UMKM Maman memperlihatkan produk minuman kemasan botol Jus Honje Lakaku saat berfoto bersama Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf di Aula Balai Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYAHonje adalah jenis tumbuhan rempah dari suku jahe-jahean, bunga dengan aroma harum khas. Tumbuhan ini bisa dijadikan bahan campuran sekaligus bumbu penyedap berbagai macam masakan di nusantara. Dengan sentuhan tangan kreatif pelaku UMUKM di Kota Tasikmalaya, Nanan Yuliarti,  honje diolah menjadi minuman segar dan menyehatkan. Namanya, jus Honje Lakaku.  

Menurutnya honje hutan kini telah banyak ditanam dan dibudidayakan di berbagai wilayah termasuk Jawa Barat. "Jus honje selain menjadi minuman yang menyegarkan, berkhasiat pula untuk menjaga, meningkatkan stamina, kebugaran dan kesehatan, menurunkan kadar kolesterol, demam, membersihkan lambung serta menyembuhkan darah tinggi dan meningkatkan vitalitas," ungkapnya 

Nanan menambahkan, jus honje lebih segar jika  disajikan dalam kondisi dingin. Jus ini dikemas dalam kemasan botol ukuran 250 ml dan dibanderol Rp10 ribu. 

UMKM bNanan Yuliati berfoto bersama dengan seorang pembeli di depan puluhan produk minuman kemasan botol di rumah produksinya Jalan Ampera Barat, Babakan Cikiara Panglayungan, Cipedes, Kota Tasikmalaya. (FOTO: Nanan Yuliarti/TIMES Indonesia) 

Jus honje, lanjutnya, baru dikenal oleh sebagian kalangan di Kota Tasikmalaya. Mereka  kebanyakan mulai mengenal jus honje pada event pameran. 

"Selain di Kota Tasikmalaya, produk jus honje banyak dipasarkan ke luar kota seperti Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Majalengka, bahkan pernah ke Bali dan Jambi," tambahnya. 

Untuk mendapatkan honje laka menurutnya tidaklah mudah. Apabila ketersediaan di Tasikmalaya berkurang, maka honje laka didatangkan dari daerah pegunungan Pangandaran tepatnya di daerah Cijulang dan Cigugur.  

"Memang sih nggak mudah mendapatkan buah honje laka ini, apalagi buah yang sudah tua, di mana biji sudah berwarna coklat kehitaman," bebernya. 

Pengusaha kuliner yang memberil label produk Jus Honje Lakaku ini menerangkan, proses  pembuatan tidaklah sulit. Bahan yang harus disediakan berupa buah honje laka yang sudah tua, gula putih dan air, namun perlu ketelatenan agar rasa jus ini lebih maksimal. 

UMKM cStand Jus Honje Lakaku saat mengikuti pameran kuliner di Kota Tasikmalaya. (FOTO: Nanan Yuliarti/TIMES Indonesia)

"Prosesnya kita memipil dulu biji honjenya lalu dikerik, soalnya banyak bulu kecil yang menempel lalu dicuci dalam air yang mengalir sampai bersih, ditiriskan untuk selanjutnya ditumbuk. Hasil penumbukan direbus dan disaring kemudian diendapkan beberapa jam sampai dingin dan ampasnya hojne laka terpisah di bawah," jelasnya. 

Saat ini dirinya belum memiliki tempat atau toko khusus untuk memajang produknya  namun baru dipajang di rumah. Tetapi informasi dari mulut ke mulut tentang kesegaran khasiat dan manfaat jus honje laka tak sedikit para pembeli datang ke rumahnya di Jalan Ampera Barat, Babakan Cikiara Panglayungan, Cipedes, Kota Tasikmalaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES