Peristiwa Nasional

Sejarah Hari Ini: 11 Oktober, Pencarian Monster Loch Ness dan Misi Apollo 7

Senin, 11 Oktober 2021 - 14:17 | 65.25k
Danau Loch Ness, Skotlandia yang menyimpan legenda monster Nessy. 11 Oktober 1987, Operation Deepscan, sebuah operasi pencarian besar-besaran dengan sonar untuk mencari monster di danau Loch Ness, Skotlandia dihentikan.   (foto: visitscotlandia.com)
Danau Loch Ness, Skotlandia yang menyimpan legenda monster Nessy. 11 Oktober 1987, Operation Deepscan, sebuah operasi pencarian besar-besaran dengan sonar untuk mencari monster di danau Loch Ness, Skotlandia dihentikan.   (foto: visitscotlandia.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini mencatat Operation Deepscan, sebuah operasi pencarian besar-besaran dengan sonar di danau Loch Ness, Skotlandia dihentikan pada 11 Oktober 1987. Operasi ini untuk mencari keberadaan monster atau reptil prasejarah - plesiosaurus di danau tersebut.  11 Oktober juga mencatat beberapa peristiwa lain, seperti peluncuran Misi Apollo 7  ke luar angkasa oleh NASA dan Hari Anak Perempuan Inernasional.

1987: Pencarian Monster Loch Ness Berakhir

monster.jpgFoto monster di Danau Loch Ness yang kemudian terbukti hanya tipuan kamera. (foto: wikipedia).

Eksplorasi sonar besar-besaran di danau Loch Ness di Skotlandia yang melibatkan 24 kapal gagal menemukan monster. Misi Operation Deepscan yang menggunakan peralatan senilai £ 1 juta untuk memindai danau akhirnya dihentikan pada 11 Oktober 1987.

Dikutip dari BBC, legenda monster itu berasal dari abad ke-6 tetapi baru pada tahun 1930-an mitos itu benar-benar lepas landas.

Pada tahun 1933, Tuan dan Nyonya George Spicer mengatakan kepada surat kabar bahwa mereka melihat monster, berukuran panjang 40 hingga 50 kaki (12 hingga 15 m), menyeberang jalan di dekat danau. Sejak itu, ada banyak informasi penampakan sejak saat itu.

Pada 1970-an, sebuah foto yang diambil oleh Dr Robert Rhines menarik perhatian dunia. Tampaknya menunjukkan sirip atau sirip monster. Makhluk di foto itu bahkan diberi nama ilmiah - Nessiteras rhombopteryx oleh naturalis terkenal Sir Peter Scott.

Temuan ini kemudian diterbitkan di jurnal teratas Nature. Namun, tidak butuh waktu lama bagi beberapa orang yang skeptis untuk menunjukkan bahwa nama itu juga merupakan anagram - "Monster tipuan oleh Sir Peter S" . Kemudian terungkap bahwa gambar itu adalah tipuan komputer.

Loch Ness terkenal di dunia karena penampakan "Nessie". Sebagian besar saksi menggambarkan makhluk itu memiliki leher panjang sehingga memunculkan teori bahwa mungkin ada reptil prasejarah - plesiosaurus - yang hidup di danau.

Beberapa foto monster di danau telah dipublikasikan selama bertahun-tahun. Pada tahun 1994 yang paling terkenal, diambil oleh Kolonel Robert Wilson pada 19 April 1934, terungkap sebagai tipuan.

Pada Juli 2003, pembuat program BBC melakukan pencarian paling ekstensif dengan menggunakan 600 sonar beams terpisah dan teknologi navigasi satelit - tetapi tidak menemukan apa pun.

1968: Peluncuran Misi Apollo 7

Apollo-7.jpgAstonout Apollo 7 menunjukkan poster yang ditulis saat berada di orbit bumi. (foto: Nasa)

NASA membawa tiga orang astronotnya bernama Wally Schirra, Donn Eisele, dan Walt Cunningham. Mereka berangkat menggunakan pesawat Saturnus IB dan diluncurkan dari Cape Caneveral Kennedy. Saat diluncurkan, roket tersebut berhasil pisah pada menit kedua setelah peluncuran. Kemudian diambil alih alih oleh roket tahap kedua Saturnus IVB.

1995: Hari Anak Perempuan Inernasional

anak.jpgpinterest

Hari Anak Perempuan Internasional atau International Day of the Girl Child diperingati pada tanggal 11 Oktober dan muncul pertama kali pada tahun 1995.

Peringatan ini memiliki tujuan mendukung hak-hak anak perempuan di seluruh dunia. PPB menyatakan, Hari Anak Perempuan Internasional memusatkan perhatian terhadap kebutuhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES