Peristiwa Nasional

Jemaah Haji Indonesia Masuk Arab Saudi Harus Menunjukkan Bukti Vaksin Booster

Senin, 11 Oktober 2021 - 13:31 | 21.51k
Para jemaah haji asal Indonesia saat hendak berangkat melaksanakan ibadah haji tahun 2019 (foto: Dokumen/Kemenag)
Para jemaah haji asal Indonesia saat hendak berangkat melaksanakan ibadah haji tahun 2019 (foto: Dokumen/Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Eko Hartono, menegaskan bahwa setiap Warga Negara Asing (WNA) termasuk yang ingin masuk Arab Saudi harus menunjukkan sertifikat vaksin Booster.

Oleh karena itu, dia menganjurkan masyarakat yang sudah menerima vaksin Covid-19 jenis Sinovac dan Sinopharm, setelah melengkapi dengan suntikan vaksin Booster. Untuk mensukseskan ini koordinasi antar kementerian sangat diimbau.

Eko mengatakan meski Saudi telah mengakui dua vaksin buatan China itu, sampai saat ini pemerintahan Raja Salman masih menetapkan empat jenis vaksin sebagai syarat sah bepergian ke negara kerajaan tersebut.

"Sampai saat ini Saudi tetap bilang untuk yang dapat vaksin lengkap selain dari empat vaksin (Pfizer, AstraZeneca, Johnson&Johnson, dan Moderna), harus pakai booster dengan satu suntikan diantara empat itu," kata Eko di Jakarta, Senin (11/10/2021).

Eko menambahkan, calon jemaah umrah yang baru menerima dua dosis vaksin Sinovac dan Sinopharm, mereka harus mendapat satu lagi suntikan vaksin untuk booster dari Pfizer, AstraZeneca, J&J, atau Moderna.

Selanjutnya, dia berharap semoga syarat masuk Arab Saudi tersebut direspons serius oleh pemerintah RI. Jika tidak, para jemaah haji yang sudah divaksin tidak akan boleh masuk sebelum menunjukkan sertifikat vaksin booster. "Walau sebenarnya Sinovac dan Sinopharm juga kemudian diakui Saudi. Boleh saja dua kali Sinovac, tapi harus booster satu diantara empat vaksin itu. Bagi yang sudah dua kali (vaksin) dari empat (merk vaksin itu) tidak harus booster," pungkas Eko Hartono.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES