Pemerintahan

Wujudkan Tempat Tinggal Layak Huni, Kementerian PUPR RI Perbaiki Jalan Perumahan di Sulut

Senin, 11 Oktober 2021 - 14:00 | 34.50k
Ilustrasi pemberian PSU untuk peningkatan kualitas jalan lingkungan perumahan bersubsidi di Provinsi Sulawesi Utara. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Ilustrasi pemberian PSU untuk peningkatan kualitas jalan lingkungan perumahan bersubsidi di Provinsi Sulawesi Utara. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kualitas hidup seseorang antara lain ditentukan dari faktor kualitas tempat tinggal termasuk kualitas lingkungan di sekitarnya. Menyadari pentingnya hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) terus mendorong terwujudnya rumah layak huni dan terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Salah satunya melalui pemberian Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) dalam rangka peningkatan kualitas jalan lingkungan perumahan bersubsidi di Provinsi Sulawesi Utara.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menekankan, bantuan PSU sebagai stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah MBR dalam rangka pencapaian target program satu juta rumah.

pemberian PSU b

"Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR,” kata Menteri Basuki

Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan Kementerian PUPR RI Fitrah Nur menjelaskan bahwa selain untuk mendorong pembangunan rumah MBR, penyaluran bantuan PSU juga dapat memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 untuk ikut bekerja melalui program Padat Karya Tunai (PKT) bidang perumahan.

“Melalui bantuan PSU ini kami harap para pengembang dapat memiliki semangat untuk membangun lebih banyak rumah bersubsidi. Kami juga ingin mendorong masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk membeli rumah bersubsidi dengan harga yang terjangkau,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I Recky W. Lahope menerangkan, jumlah bantuan PSU yang disalurkan Kementerian PUPR di Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2021 sebanyak 1.902 unit. Bantuan PSU yang disalurkan berupa peningkatan jalan di lingkungan perumahan MBR. Lokasi pembangunan PSU tersebar di 19 lokasi perumahan.

pemberian PSU c

“Total anggaran PSU yang kami salurkan untuk membangun PSU rumah subsidi di Sulut sebesar Rp10,35 miliar. Saat ini proses pelaksanaan pembangunan PSU sudah selesai 100 persen dan bisa dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di rumah bersubsidi,” tandasnya.

Recky berharap dinas terkait bidang perumahan di daerah juga bisa mendorong para pengembang lainnya untuk lebih pro aktif mengusulkan bantuan PSU melalui aplikasi Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU). Aplikasi SIBARU diharapkan dapat mempermudah pemerintah daerah dalam mengusulkan bantuan perumahan bagi masyarakatnya sehingga ke depan akan lebih banyak pengembang yang membangun rumah bersubsidi guna menciptakan kualitas lingkungan yang baik. 

Salah satu warga yang tinggal di perumahan bersubsidi Griya Paniki Indah (GPI) di Kelurahan Paniki Bawah Kota Manado, Charlis mengaku sangat bahagia bisa melihat dan merasakan hasil pembangunan PSU dari Kementerian PUPR RI. Dirinya menceritakan bahwa dulu jalan di lingkungan tempat tinggalnya berlubang-lubang sehingga agak sulit dilewati, terutama saat hujan karena jalannya selalu tergenang air hujan. 

“Sejak adanya bantuan PSU dari Kementerian PUPR RI kini jalan di perumahan kami menjadi lebih bagus. Terima kasih banyak atas segala bantuannya sehingga kami bisa lebih nyaman tinggal di perumahan ini,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES