Olahraga PON XX Papua

Sempat Diremehkan, Tim Dayung Jatim Sabet Emas Nomor Rowing di PON XX Papua

Senin, 11 Oktober 2021 - 13:13 | 60.32k
Pelatih Dayung Rowing Jatim, Iswandi saat menerima sambutan dari Bakesbangpol Jatim yang mewakili Pemprov Jatim, Minggu (11/10/2021).
Pelatih Dayung Rowing Jatim, Iswandi saat menerima sambutan dari Bakesbangpol Jatim yang mewakili Pemprov Jatim, Minggu (11/10/2021).
FOKUS

PON XX Papua

TIMESINDONESIA, SURABAYATim Dayung Jatim akhirnya menyabet medali emas di PON XX Papua. Raihan medali emas tersebut dicapai oleh pasangan Ardi Saidi/Mahendra Yanto di kelas Lightweight Men’s Double Sculls (LM2X) di nomor rowing.

Pelatih Dayung Rowing Jatim, Iswandi mengatakan bahwa pencapaian tersebut merupakan sebuah pembuktian karena selama ini rowing selalu diremehkan.

"Ya banyak opini-opin, ada yang bilang sulit untuk berprestasi, tapi bagi saya itu adalah tantangan, apakah saya ini bisa melatih atau tidak, sehingga membuktikan walaupun kita gak banyak yang Platnas bisa mendapatkan juara juga," ujarnya usai tiba di Bandara Juanda, Minggu (11/10/2021).

Dayung-Rowing-Jatim-2.jpgBakesbangpol Jatim saat menyambut atlet Dayung Jatim, Senin (11/10/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).

Selama PON XX Papua, yang menjadi tantangannya adalah para atletnya yang tidak mendapatkan emas, menggunakan alat dari PB PON dengan kualitas kurang baik. Begitu juga perahu yang digunakan.

"Kalau yang dapat emas itu kita pakai alat sendiri," tuturnya.

Setelah berhasil mendapatkan emas di PON XX Papua, kedepan pihaknya akan melakukan regenerasi atlet.  Hal tersebut karena atlet yang mendapatkan emas telah mecapai batas usia emas..

Sementara itu, atlet peraih medali emas di kelas Lightweight Men’s Double Sculls (LM2X) di nomor rowing, Ardi Saidi merasa sangat bangga karena perjuangannya selama ini terbalaskan.

Dayung-Rowing-Jatim-3.jpgTim Dayung Jatim kelas Lightweight Men’s Double Sculls (LM2X) di nomor Rowing. (Foto: dok. Tim Dayung Jatim)

"Sebelumnya sudah ikut PON tahun 2016, cuma di Rowing Jatim itu gagal. Alhamdulillah di PON Papua dapat emas," jelasnya.

PON XX Papua ini adalah PON-nya yang terakhir, dan ia bersyukur ia berhashasil menutup PON dengan peraihan emas. Setelah ini ia akan melanjutkan ke Platnas.

"Targetnya saya berusaha mengharumkan nama Indonesia dengan mendapatkan medali emas di Sea Games tahun depan," tutur peraih medali emas Dayung Jatim PON XX Papua itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES