Politik

Prabowo Subianto, "Si Raja" Elektabilitas Capres 2024

Senin, 11 Oktober 2021 - 08:19 | 52.05k
Prabowo Subianto. (FOTO: dok pribadi)
Prabowo Subianto. (FOTO: dok pribadi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nama Prabowo Subianto kembali menjadi perhatian publik. Itu setelah laki-laki yang kini menjadi Menhan RI itu dikabarkan akan dicalonkan kembali di Pilpres 2024 nanti. Hal itu ditegaskan oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

"2024 Pak Prabowo insyaAllah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," katanya dalam keterangan resminya.

Namun tahukah, dibalik "ambisinya" Gerindra tersebut, tahun 2021 ini, Prabowo Subianto memang sedang menjadi "raja" elektabilitas Capres 2024 dibeberapa survei yang dilakukan beberapa lembaga.

Misalnya, hasil survei Saiful Mujani Research and Consultant atau SMRC kemarin. Elektabilitas Ketum Partai Gerindra tersebut berada di posisi mucuk dengan 18,1 persen.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyampaikan, survei kali ini dilakukan dengan simulasi pilihan semi terbuka. "Dalam format pertanyaan semi terbuka dengan daftar 42 nama, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani Kamis (7/10/2021) kemarin.

Sementara untuk posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 15,8 persen. Dan dibawahnya ada nama Anies Baswedan dengan 11,1 persen.

Selain itu, dalam survei yang dirilis oleh Spin dan Arus Survei Indonesia (ASI), Rabu (8/9/2021) sebelumnya, nama Prabowo Subianto juga bertengger di urutan teratas.

Spin menyebut tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres 2024 mencapai 21,9 persen.

Direktur Spin Igor Dirgantara menyampaikan, elektabilitas Prabowo Subianto mampu menaklukkan beberapa nama besar seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi juga memaparkan, elektabilitas Prabowo Subianto 19,3 persen pada April lalu meningkat sekitar 7 persen dalam empat bulan.

"Elektabilitas Pak Prabowo Subianto menempati peringkat tertinggi 26,2 persen disusul Mas Ganjar 20,8 persen, selisihnya tidak terlalu jauh. Kemudian, disusul Mas Anies 15,5 persen," ujarnya, Rabu (25/8/2021) lalu.

Tak hanya itu, dari catatan Institute for Democracy dan Strategic Studies (Indostrategic) juga mengungkapkan, bahwa saat ini Prabowo Subianto adalah sebagai capres potensial di Pilpres 2024 dengan elektabilitas 17,5 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES