Peristiwa Internasional

China Kecam Pernyataan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Senin, 11 Oktober 2021 - 08:02 | 37.05k
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara selama perayaan Hari Nasional di Taipei pada 10 Oktober 2021. (FOTO: The Strait Times)
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara selama perayaan Hari Nasional di Taipei pada 10 Oktober 2021. (FOTO: The Strait Times)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah China mengecam pidato Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Hari Nasional, Minggu (10/10/2021) dengan mengatakan, bahwa pidato itu menghasut konfrontasi dan memutarbalikkan fakta.

"Pidato ini menganjurkan kemerdekaan Taiwan, menghasut konfrontasi, memotong sejarah dan memutarbalikkan fakta," kata Kantor Urusan Taiwan China seperti dilansir The Strait Times.

"Provokasi kemerdekaan oleh otoritas Partai Progresif Demokratik adalah sumber ketegangan dan turbulensi dalam hubungan lintas-selat dan ancaman terbesar bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," tambahnya dengan merujuk pada partai berkuasa Tsai.

Kritik Beijing itu muncul setelah presiden Taiwan mengatakan wilayah pulau itu tidak akan tunduk pada tekanan China.

Sebelumnya Tsai mengatakan, bahwa Taiwan akan terus memperkuat pertahanannya untuk memastikan tidak ada yang bisa memaksa mereka untuk menerima jalan yang telah ditetapkan China yang tidak menawarkan kebebasan maupun demokrasi.

Presiden-China.jpg

Kata-kata keras Tsai pada hari Minggu itu diungkapkan setelah Presiden China Xi Jinping berjanji sekali lagi untuk mewujudkan "penyatuan kembali secara damai" dengan wilayah yang memiliki pemerintahan sendiri.

China menganggap Taiwan adalah bagian provinsi yang membangkang, dan jika perlu secara paksa untuk dipersatukan kembali.

Namun Taiwan mengatakan akan mempertahankan kebebasan dan demokrasinya, dan menyalahkan China atas ketegangan tersebut.

"Tidak ada yang boleh meremehkan tekad, kemauan, dan kemampuan kuat rakyat Tiongkok untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas wilayah," kata Presiden China, Xi Jinping tentang Taiwan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES