Ekonomi Indonesia Bangkit

Camilan Legenda Kota Banjar, Ranginang Purwaharja Tembus Turki dan Kanada

Minggu, 10 Oktober 2021 - 20:52 | 210.58k
Ranginang Purwaharja Kota Banjar dikenal mendunia karena rasanya yang gurih. (FOTO: Istimewa)
Ranginang Purwaharja Kota Banjar dikenal mendunia karena rasanya yang gurih. (FOTO: Istimewa)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, BANJAR – Sentra Ranginang Purwaharja adalah salah satu lokasi para pelaku UMKM kawakan di Kota Banjar, Jawa Barat. Kendati olahan yang terbuat dari nasi ketan tersebut dikategorikan makanan tradisional, karena rasanya yang enak dan gurih, camilan lezat tersebut dikenal mendunia. 

Makanan tradisional ini kerap hadir dalam setiap acara perayaan besar, syukuran dan selalu dijadikan oleh-oleh yang ditunggu oleh teman dan kerabat. 

Ranginang Purwaharja adalah legenda ranginang di Kota Banjar. Sesuai dengan filosofi ranginang yang merupakan kumpulan dari butir-butir beras ketan yang menjadi satu membentuk sebuah camilan enak, gurih, renyah dan menjadi kebanggan Kota Banjar. 

Para-perajin-Sentra-Ranginang-berpoto-bersama-perwakilan.jpgPara perajin Sentra Ranginang berpoto bersama perwakilan dari BI saat mengunjungi tempat produksi (FOTO: Istimewa)

"Melalui filosofi tersebut, terbentuklah sebuah kelompok pelaku usaha ranginang yang terdiri dari 22 pelaku usaha di lingkungan Wargamulia Kelurahan Purwaharja dengan nama Sentra Rengginang Purwaharja," ungkap Wawat Herawati, owner dari Ranginang Purwaharja ini.

Ranginang ini cukup terkenal karena konsisten melakukan produksi sejak tahun 2000 lalu. Selama ini sudah mengalami beberapa perkembangan dari bentuknya maupun rasanya. 

"Awalnya hanya menjual ranginang mentah, tapi kini sudah bisa menjual ranginang goreng yang siap santap dengan berbagai rasa dan bentuk yang berbeda sesuai permintaan atau kebutuhan konsumen," tuturnya.

Dari mulai pasar tradisional, pasar modern maupun ekspor, pemasaran ranginang ini sudah bisa menjual hingga ke Turki. 

Beberapa-pembeli-sedang-memegang-produk-Ranginang-Purwaharja.jpgBeberapa pembeli sedang memegang produk Ranginang Purwaharja (FOTO: Istimewa)

"Bahkan kami sedang melakukan kerjasama dengan buyer dari Kanada melalui bimbingan dari Bank Indonesia yang selama ini menjadi mitra kami," urainya.

Target penjualan yang awalnya hanya menyasar masyarakat biasa, kini mulai disukai kawula muda dan bahkan ke kalangan perkantoran untuk dijadikan souvenir di setiap acara-acara pemerintahan. 

"Karena kami menjadi vendor tetap Bank Indonesia pusat di Jakarta. Alhamdulillah Ranginang Purwaharja sudah dijadikan produk unggulan daerah Kota Banjar melaui SK Wali Kota No. 511.2/284/2018 tentang produk unggulan daerah Kota Banjar," jelasnya.

Ranginang Purwaharja, Kota Banjar telah membuktikan bahwa pihaknya terus konsisten memproduksi ranginang sejak lama, dari generasi ke generasi dengan menjaga kualitas produk dan meningkatkan pemasaran secara bertahap. "Penasaran kan produk kami seperti apa? ayo hubungi kami dan temukan produk kami di toko-toko, pasar tradisional maupun marketplace," ungapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES