Kesehatan

Empat Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh

Senin, 11 Oktober 2021 - 02:38 | 189.23k
Ikan gabus. (Foto: Steemit)
Ikan gabus. (Foto: Steemit)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIkan gabus atau yang dibeberapa daerah dikenal sebagai kocolan atau kuthuk merupakan ikan yang mudah ditemukan di perairan tawar di seluruh Indonesia.

Ikan ini umumnya dapat ditemukan di sungai, bahkan beberapa orang kini memeilih membudidayakan ikan gabus.

Rasa dagingnya yang lumer di mulut menjadi salah satu alasan utama mengapa orang menyukai ikan ini.

Meskipun termasuk ikan air tawar dan suka hidup di lumpur, ikan ini tidak memiliki bau lumpur yang pekat saat dimasak. Ikan ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga mampu memberikan asupan nutrisi tambahan bagi tubuh.

Nah, apa saja manfaat ikan gabus untuk kesehatan tubuh kita. Dilansir dari Steemit, berikut kandungan ikan gabu yang dapat bermanfaat bagi tubuh kita.

1. Pembentukan dan pertumbuhan otot

Protein dalam ikan gabus dapat membantu Anda dalam proses pembentukan otot di tubuh Anda. Ini juga menjaga pertumbuhan otot dan baik terutama untuk para binaragawan. Mengkonsumsi ikan ini secara teratur akan memberikan hasil yang bagus selain mengkonsumsi makanan sehat lainnya pada saat yang bersamaan.

2. Kaya nutrisi

Ikan gabus dikenal kaya akan nutrisi. 100 gram ikan gabus mengandung 69 kalori, 25,2 gram protein, 1,7 gram lemak, 0,9 mg zat besi, 62 mg kalsium, 76 mg fosfor, 150 mg Vit. A, 0,04 mg Vit. B, dan 69 gram air.

Kandungan tersebut menjadikan ikan ini sebagai sumber nutrisi yang baik. Beberapa orang percaya ikan ini akan menjadi makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan terutama bagi mereka yang kekurangan gizi.

3. Membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Ikan gabus kaya kan albumin. Albumin membantu anda dalam proses penyembuhan kerusakan jaringan kulit dan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit. Albumin juga mengirimkan sinyal ke sistem kekebalan ketika sel dan jaringan kulit rusak.

4. Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang mengalami sembelit, mengonsumsi ikan gabus dapat membantu memperlancar sistem pencernaan anda. Kolagen dan protein yang terkandung dalam ikan ini akan membantu pencernaan anda bekerja dengan baik. Namun pastikan Anda juga mengonsumsi buah dan sayur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi dalam tubuh anda.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES