Peristiwa Nasional MPR Rumah Kebangsaan

Marak Berita Hoaks, Gus Jazil Ajak Anak Muda Bijak Gunakan Medsos

Minggu, 10 Oktober 2021 - 12:27 | 39.20k
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (FOTO: PKB)
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (FOTO: PKB)
FOKUS

MPR Rumah Kebangsaan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil) mengatakan, berkembangnya penggunaan teknologi informasi, khususnya media sosial (medsos) menimbulkan persoalan baru dalam kehidupan masyarakat. Kata dia, penyebaran berita hoaks (palsu), fitnah dan ujaran kebencian di medsos dalam beberapa tahun belakangan semakin marak. 

"Seluruh kebutuhan kita, apakah untuk berdagang, mengajar, transaksi bahkan apapun jenis aktivitasnya, kini tidak luput dengan dunia digital. Oleh sebab itu, mari kita gunakan medsos dengan baik. Sekarang ini banyak sekali berita hoaks, fitnah banjir di medsos. Kita harus mampu menyaring informasi. Kalau tidak, itu akan menjadi masalah bagi bangsa ini," ujar Gus Jazil, Minggu (10/10/2021). 

Dikatakan Gus Jazil, para guru di sekolah juga harus memberikan pengajaran literasi digital kepada para anak didik soal bagaimana menggunakan teknologi informasi, khususnya medsos dengan baik. "Bagaimana mereka bisa memilah informasi yang palsu, hoaks, dan inforamsi yang produktif bagi anak-anak, ini perlu ada pengarahan dari para guru," tutur Gus Jazil. 

Wakil Ketua Umum PKB ini mengatakan bahwa medsos ibarat dua sisi mata pisau yang bisa menimbulkan dampak positif di satu sisi, dan dampak negatif disisi lainnya. "Kita harus arahkan agar anak-anak bisa menjadikan medsos ini sesuatu yang positif. Sebab, saat ini anak muda dimana saja semua menggunakan medsos. Kita perlu bimbing penggunaannya, dan konten-konten seperti apa yang layak untuk dibuka," urainya. 

Di depan para siswa SMA Bina Putera, Gus Jazil juga mengatakan bahwa 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 merupakan pilar-pilar penyangga negeri ini.

"Kalau 4 Pilar ini roboh atau salah satu roboh maka Indonesia juga roboh. Tugas kita bersama agar 4 Pilar ini diperkuat. Pancasila mengandung nilai-nilai dan menjadi pandangan hidup, tapi belum tentu kita bisa dalam implementasinya," jelasnya. 

Gus Jazil juga mengatakan bahwa perasan dari Pancasila adalah gotong royong.

"Ini pelan-pelan mulai kita lupakan, sudah kita ganti dengan kata ‘demokrasi’. Gotong royong seakan-akan hanya kerja bakti. Padahal gotong royong adalah kalimat keramat yang dimiliki bangsa ini dan bisa menyatukan pandangan agama, suku bangsa, adat istiadat dalam satu kata yakni gotong royong. Ini inti kehendak dan cita-cita bangsa," imbuh dia. 

Dikatakan Gus Jazil, sering kali antara agama dengan negara atau antara Islam dengan Pancasila dibentur-benturkan. Padahal ini sesuatu yang sudah menyatu. "Tinggal kita wujudkan dalam gerak hidup kita sehari-hari, dalam aktivitas kita, dalam kita membangun hubungan dan mewujudkan apa yang kita cita-citakan," ucapnya.

Kata Gus Jazil, dengan berkembangnya teknologi informasi, kedepan, perlu ada kreativitas, yakni bagaimana menyebarkan 4 Pilar melalui media digital, game, cerita, atau menggunakan gambar animasi sehingga lebih mengena kepada kalangan generasi muda. "Bagi anak-anak ini penting daripada metode ceramah-ceramah. Dan yang tidak kalah penting metode keteladanan," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES