Politik

PDI Perjuangan Komitmen dalam Pelestarian Seni Budaya Bangsa

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 19:00 | 24.54k
Kepala Badan Kebudayaan Nasional PDI Perjuangan Aria Bima di Rakerda DPD PDI Perjuangan Papua Barat. (FOTO: PDI Perjuangan).
Kepala Badan Kebudayaan Nasional PDI Perjuangan Aria Bima di Rakerda DPD PDI Perjuangan Papua Barat. (FOTO: PDI Perjuangan).

TIMESINDONESIA, JAKARTAPDI Perjuangan ingin terus mengembangkan budaya nasional dengan kebijakan yang menjaga seni budaya daerah. Bahkan ditegaskan kebijakan partai agar semua kader di eksekutif maupun legislatif memperjuangkan anggaran untuk seni budaya demi memelihara dan mengembangkan nilai seni budaya. 

Demikian disampaikan Kepala Badan Kebudayaan Nasional PDI Perjuangan Aria Bima saat memberikan materi di rapat kerja daerah (Rakerda) DPD PDI Perjuangan Papua Barat di Manokwari, Sabtu, (9/10/2021). 

Aria Bima mengingatkan acara PDI Perjuangan selalu dibuka dengan nuansa seni untuk membangkitkan wajah Indonesia yang berBhinneka Tunggal Ika. Hal itu mewujudkan arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang ingin seni budaya menjadi 

"Di pembukaan PON XX Papua kebudayaan Papua ditampilkan sangat baik sehingga ke depan warna seni budaya diharapkan terlihat di kantor partai. Partai tidak hanya melulu bicara politik. Mari jadikan panggung seni budaya jadi panggung permanen. Tidak sekedar mangalungkan mahkota atau manik-manik ke tamu. Seni budaya jadi pangggung politik dalam anggaran daerah dengan komitmen untuk mengembangkan seni daerah," ucap Aria Bima.

Aria Bima pun mendukung Rakerda DPD PDI Perjuangan Papua Barat mengeluarkan satu kesimpulan bahwa kantor partai pusat kegiatan seni Papua. "Mari alokasikan anggaran tidak hanya untuk infrastruktur dan ekonomi tapi juga untuk mengembangkan seni budaya di Papua," ajaknya. 

Dia menguraikan kebijakan Partai yang mendorong kepala daerah mulai dari Gubernur, Wali Kota dan Bupati bersama anggota legislatif di semua tingkat harus anggota berusaha mewujudkan anggaran APBD terkait kegiatan seni budaya. Tidak hanya karena partisipasi rakyat tapi kehendak subjektif kepala daerah yang diusung PDIP yang telah diamanatkan  melalui Kongres PDIP di Bali dua tahun lalu. 

Aria Bima pun menjelaskan Indonesia yang tersebar dalam ribuan pulau termasuk di dalamnya kaya seni budaya. Termasuk Papua yang kaya seni budaya. "Narasi seni bagian tak terpisahkan dalam politik dan jalan kebudayaan yang telah ditegaskan PDI Perjuagan," tandas Aria Bima saat mengisi materi Rakerda PDI Perjuangan Papua Barat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES