Peristiwa Nasional

Wapres RI Sebutkan Dua Modal Penting Atasi Pandemi Covid-19

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:26 | 27.14k
Wapres Ma'ruf Amin hadiri Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) 2021  secara virtual. (Foto: Youtube Wapres RI)
Wapres Ma'ruf Amin hadiri Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) 2021 secara virtual. (Foto: Youtube Wapres RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI)  K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan, untuk bangkit dari krisis pandemi Covid-19, bangsa Indonesia memerlukan energi kolektif yang besar berupa empati, kepedulian, solidaritas sosial, dan gotong-royong dari seluruh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wapres saat menghadiri rangkaian kegiatan Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) 2021 yang diselenggarakan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional (LP3KN) pada Sabtu (09/10/2021).

Wapres menekankan, untuk mengatasi segala kesulitan akibat pandemi juga dibutuhkan dua modal penting. Pertama, adalah modal spiritual. Menghadapi bencana global harus dengan usaha dan doa agar dijauhkan dari sikap putus asa yang akan melemahkan semangat.

“Kedua adalah modal sosial. Melalui ikatan persaudaraan dan solidaritas akan menguatkan, karena beban dan kesulitan dipikul bersama,“ ucap Wapres.

Wapres Ma'ruf Amin B

Menurut Wapres, hal ini memerlukan kerjasama semua pihak termasuk umat Katolik sebagai bagian dari bangsa ini, serta memerlukan kesiap-siagaan semua pihak untuk bertindak bersama secara cepat dan tepat.

Wapres memahami bahwa semua mengharapkan agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir, sehingga segala aktivitas termasuk beribadah dapat kembali seperti semula. Untuk itu, ia menegaskan bahwa hanya diri kita sendiri yang bisa mengupayakan kapan pandemi Covid-19 dapat berakhir, sehingga semua bisa hidup kembali secara normal.

“Jika kita semua taat melakukan protokol kesehatan dan vaksinasi, maka diharapkan pandemi ini dapat segera berakhir,” tegasnya.

Wapres pun meminta umat Katolik Indonesia sebagai elemen bangsa yang disiplin dan patuh pada pimpinan agamanya, untuk terus mematuhi imbauan para pemuka agama Katolik khususnya terkait penerapan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi.

“Saya kembali mengharapkan kedisiplinan dan kepatuhan semua umat apabila mendengar permintaan mulai dari Kardinal, para Uskup demikian juga para Pastor, untuk dapat terus mengingatkan pentingnya disiplin Protokol Kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19,” pintanya.

Terakhir, Wapres mengatakan bahwa dirinya menaruh harapan besar kepada seluruh umat Katolik dan seluruh peserta KVKI untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara.

“Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis, tetapi langkah kita adalah melakukan lompatan besar dengan mengambil hikmah dari momentum krisis, mengejar ketertinggalan untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” kata Wapres RI K.H. Ma'ruf Amin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES