Pendidikan

SMK Maarif NU 1 Wangon Tingkat Kemampuan Guru TKRO

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:42 | 44.53k
Waka SMK Maarif NU 1 Wangon Riyanti Susiloningtyas dalam In House Training TKRO. ( Foto:Riyanti For TIMES Indonesia)
Waka SMK Maarif NU 1 Wangon Riyanti Susiloningtyas dalam In House Training TKRO. ( Foto:Riyanti For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – In House Training (IHT) di SMK Maarif NU 1 Wangon dilakukan untuk peningkatan pemahaman dan kemampuan basic automobile khususnya guru produktif.

Teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO). Demikian dikatakan Riyanti Susiloningtyas, Wakil Kepala Sekolah 1 Bidang Kurikulum SMK Maarif NU 1 Wangon, Sabtu, (9/10/2021).

Dalam peningkatan pemahaman dan kemampuan basic automobile guru produktif TKRO di ruang kelas Industri SMK Maarif NU 1 Wangon tersebut, Riyanti menjelaskan IHT dilaksanakan dalam rangka peningkatan kemampuan guru produktif TKRO yang merupakan kegiatan sebagai praktek rencana proyek kepemimpinan calon kepala sekolah.

Berawal dari permasalahan utama hasil analisa pada kegiatan CKS IST 1 bahwa pembelajaran belum sepenuhnya link and match dengan DUDIKA maka   untuk mengatasinya dengan meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru TKRO dengan narasumber  PT.BRA Mitsubishi kebumen.

"Ini untuk membuka wawasan lebih luas lagi dalam memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang memadai tentang kemampuan dasar teknik kendaraan ringan otomotif  yang nantinya akan menyalurkan kemampuannya kepada siswa  Sehingga mutu dan kualitas alumni siswa TKRO bisa memenuhi standart, "kata Riyanti.

SMK Maarif NU 1 Wangon a

Ditambahkan, dalam kegiatan ini pihak sekolah sangat mendukung agar berkelanjutan. Kepala SMK Maarif NU 1 Wangon Drs. Mukhtarom mengatakan ini adalah proses menuju kemajuan terutama di bidang TKRO.

"Saya mendukung kegiatan ini, karena inilah salah satu proses yang menjadikan SMK itu lebih maju,"katanya.

Sementara salah satu narasumber dari Mitsubhisi Bumen Redja Abadi Kebumen , Rudy Setyawan mengatakan ,sangat bagus sekali kegiatan ini, lebih bagus lagi dilakukan secara berkesinambungan.

'Usahakan berkesinambungan, setahap demi setahap sehingga semua pembelajaran bisa terserap dengan baik oleh para guru produktif dan nantinya bisa menghasilkan siswa yang kompeten dibidangnya,"ungkap Rudy.

Setelah in house training, Rudy berharap pemahaman guru SMK Maarif NU 1 Wangon terlebih yang akan memasuki jenjang kepala sekolah akan diuji sesuai standar kompetensi yang ditetapkan sehingga bermanfaat bagi siswa siswi masing-masing SMK.

Kegiatan IHT yang sedianya akan dilakukan dua hari ini yaitu sabtu dan minggu besok, benar-benar diharapkan akan membawa dampak baik pada peningkatan kemampuan guru-guru produktif TKRO, tidak hanya pemahaman tentang penguasaan secara materinya tapi juga ketrampilan prakteknya juga diharapkan ada banyak peningkatan sehingga bisa lebih membawa dampak pada siswa lebih giat belajar dan semangat dalam berlatih. Harapannya dengan dukungan dari semua pihak acara IHT ini dapat berjalan lancar sebagaimana yang sudah direncanakan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES