Kesehatan

Cegah Anak Terkena Polio, Rotary Club Gencarkan Vaksinasi di Surabaya

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 13:16 | 68.04k
Proses pemberian vaksinasi DPT dan polio untuk Balita di Rs Gotong Royong Surabaya (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
Proses pemberian vaksinasi DPT dan polio untuk Balita di Rs Gotong Royong Surabaya (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYARotary Club Kaliasin mengetuai Rotary Jembatan Merah dan Rotary Club of Surabaja memperingati Bulan Polio dengan cara memberikan fasilitas vaksinasi polio dan sekaligus edukasi pentingnya vaksinasi bagi anak.

Acara tersebut digelar di lantai dua Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya yang dihadiri oleh anggota Posyandu kelurahan Menur pada 9 Oktober 2021 pukul 9.00 hingga 11.00 WIB.

Rotary Club sekaligus memberikan apresiasi kepada kader-kader Posyandu di kelurahan Menur berupa memberikan bingkisan medical kit yang dibagikan untuk 6 orang kader.

Acara tersebut diisi dengan edukasi mengenai beberapa vaksinasi yang dikhususkan untuk balita seperti polio, DPT dan BCG lalu acara selanjutnya diisi dengan pemberian edukasi dengan metode bercerita dengan boneka.

pemberian vaksinasi balita

Dijelaskan oleh Dwi Santy Rahayu Ningsih sebagai Presiden Rotary Club Kaliasin bahwa kegiatan ini sebagai suatu rangkaian acara untuk menyambut bulan polio pada 24 Oktober mendatang.

"Jadi ini terkait dengan kegiatan Rotary untuk Polio Day diperingati setiap tanggal 24 Oktober, jadi kami organisasi pengabdian ya salah satu area fokusnya adalah pencegahan penyakit dan kesehatan ibu dan anak," tutur Dwi Santy yang akrab disapa Santy pada Sabtu (9/10/2021).

Santy menambahkan meskipun polio tersebut di dunia tinggal satu persen yang berada di Afganistan dan Pakistan, tetapi Rotary Club terus memberikan vaksin sekaligus edukasi mengenai bahayanya penyakit polio.

"Maka pada kesempatan ini kita memberikan vaksin 6 Posyandu dari Kelurahan Menur, Rotary Club sudah melakukan ini 35 tahun. Kalau tidak kita lakukan akan ada potensi 200 ribu anak di dunia ini akan meninggal," tambah Santy.

pemberian vaksinasi balita a

Rotary Club bekerja sama dengan RS Gotong Royong untuk terus menerus memberikan vaksinasi agar semua anak-anak mendapatkan vaksin polio tersebut.

Diungkapkan oleh Sunarti sebagai orang tua dari balita yang divaksin di acara Rotary Club tersebut, sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena Rotary Club sudah menyelenggarakan acara yang sangat bermanfaat.

"Ya seneng ya, kita ngga usah repot ke Puskesmas menarik seperti ini. Terima kasih Rotary Club semoga jaya terus kedepanya semakin bagus," ungkap Sunarti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES