Ekonomi

Alika Batik Suguhkan Pesona Batik Berkualitas dari Kota Tasikmalaya

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 12:07 | 47.98k
Perajin batik Ema Siti Asma menunjukkan produknya saat berfoto dengan Wali Kota Tasikmalaya H. M. Yusuf di Aula Balai Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Perajin batik Ema Siti Asma menunjukkan produknya saat berfoto dengan Wali Kota Tasikmalaya H. M. Yusuf di Aula Balai Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYAKota Tasikmalaya juga dikenal sebagai salah satu sentra industri batik di Jawa Barat. Di Kota Santri ini terdapat kawasan kampung batik, tepatnya di Kampung Cigeureung, tempat para pelaku UMKM batik.

Di Kampung ini, ratusan helai kain batik diproduksi setiap harinya. Salah satunya oleh perajin dari Gerai Alika Batik yang beralamat di Jalan Cigeureung Gg Pesantren Al Goffar Nomor 14 Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya. 

Saat ini kain batik juga menjadi salah satu tren fashion kekinian yang digandrungi masyarakat Indonesia. Produk warisan budaya leluhur ini di Kota Tasikmalaya dijadikan pakaian seragam, baik oleh siswa sekolah maupun karyawan pemerintah dan  perusahaan. 

Alika Batik b

Salah satu perajin batik adalah pemilik Alika Batik, Ema Siti Asma. Dia menjelaskan, saat ini kain batik hasil karyanya banyak disukai berbagai kalangan, termasuk istri Ustad Solmed, April Jasmine yang juga pemeran sinetron dan FTV.

Alhamdulillah custumor Alika Batik bertambah hingga ke pelosok Indonesia, mereka sangat menyukai produk kami," ungkapnya. 

Ema menuturkan Gerai Alika Batik mulai dirintis tahun 2013. Seiring berjalannya waktu, gerai ini terus berkembang. Berbagai promosi dan pameran diikuti bahkan rajin share promosi produknya via media sosial..

Alika Batik c

"Keistimewaan dari Alika Batik, customer bisa request model, ukuran dan motif kain batik," tuturnya. Harga kain batik dijual mulai Rp150 ribu hingga Rp500 ribu.

Dia berharap industri batik di Kota Tasikmalaya terus berkembang, sehingga warisan nilai luhur budaya ini bisa terus dilestarikan dan menjadi sektor industri yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES