Olahraga

Surabaya - Liverpool Terus Berkolaborasi Cetak Pesepekbola Handal dalam Jalinan Sister City

Jumat, 08 Oktober 2021 - 20:44 | 22.92k
Surabaya - Liverpool Terus Berkolaborasi Cetak Pesepekbola Handal dalam Jalinan Sister City
Suasana seleksi Diklat Sepak Bola Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (8/10/2021). (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)
Pewarta: | Editor: Irfan Anshori

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tranmere Rovers FC (TRFC), Liverpool, Inggris kembali akan memberikan pelatihan pengembangan bagi pesepak bola muda berbakat serta ratusan guru olahraga SD-SMP dan pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) di Surabaya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Sister City di bidang olahraga antara Surabaya - Liverpool, yang nantinya pelatihan akan digelar selama enam minggu ke depan secara hybrid.

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, dan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi turut hadir acara pembukaan pelatihan ini secara virtual, Rabu (6/10/2021) lalu.

Tidak luput, Chairman Tranmere, Mark Palios, Konsul Kehormatan Inggris, Ivy Kamadjaja juga turut hadir melalui virtual serta sekitar 900 guru olahraga SD-SMP dan pelatih SSB di Surabaya mengikuti serangkaian acara ini.

Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sepak bola merupakan bahasa universal yang dimengerti oleh miliaran orang di seluruh dunia. Ketika sepak bola menyatukan dunia, semua orang menang.

“Hari ini adalah momen yang membanggakan bagi Liverpool dan Pemerintah Kota Surabaya, dimana mereka akan melaksanakan program menarik yang dapat meningkatkan hubungan antar masyarakat,” tutur Owen Jenkins.

Ia juga mengatakan, melalui kerja keras tim di Pemkot Surabaya, Dewan Kota Liverpool dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta dalam kemitraan Sister City, telah memproduksi inisiatif dan proyek jempolan yang akan terus tumbuh.

“Saya mengucapkan selamat kepada kedua kota atas kelanjutan kemitraan-kemitraan yang visioner dan berharap langkah mereka akan menginspirasi daerah lain untuk membangun kerjasama antar kota dengan Inggris, untuk masa depan yang lebih baik bagi kedua negara,” ujarnya.

Pada saat yang bersamaan, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan rasa terima kasih kepada Tranmere Rovers FC dan Kota Liverpool karena telah memberikan program pelatihan kepada pemuda dan guru olahraga di Surabaya, baik itu ilmu sains dan teknik sepak bola.

Ia yakin, melalui pelatihan yang diberikan, Surabaya akan memiliki pemain bertalenta sepak bola kelas dunia di masa depan .

“Semoga inisiatif ini dapat terus berlanjut sehingga Surabaya dapat menghasilkan pemain sepak bola internasional, dengan bimbingan dari Merseyside. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak. Sukses selalu untuk kita semua,” ujar Eri.

Diklat Sepak Bola Surabaya B

Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini menerangkan, bahwa ini merupakan kali kedua kerjasama dalam program pengembangan sepak bola antara Liverpool-Surabaya dilaksanakan.

Supriadi Salah Satu Alumninya

Sebab di tahun 2018, Supriadi dan beberapa pesepak bola muda berbakat asal Surabaya telah mendapatkan kesempatan turut serta kamp sepak bola elit di kompleks pelatihan profesional Tranmere Rovers, Liverpool.

Pada tahun 2020 bahkan para pemuda Surabaya berbakat lainnya mendapat kunjungan dari para pelatih TRFC saat sempat berkunjung ke Surabaya untuk memberikan pelatihan.

“Ini adalah kebahagiaan buat saya sebagai Wali Kota Surabaya. Karena kedekatan Surabaya dengan Liverpool terus terjaga. Tidak hanya dalam satu bidang sepak bola, tapi dalam berbagai hal. Semoga Sister City bisa terus berlanjut dan ini bisa menjadi semangat bagi kami Surabaya untuk menciptakan talenta-talenta sepak bola yang lebih hebat lagi,” paparnya.

Wali Kota Eri sangat yakin kalau pelatihan itu dapat berjalan optimal meski nantinya pembinaan yang berlangsung selama enam minggu itu dilakukan secara hybrid. Bahkan, ia mengaku optimis, bahwa Kota Pahlawan akan semakin banyak kedatangan munculnya penerus pesepak bola berbakat dan handal melalui program pelatihan ini.

“Semoga yang diberikan oleh Liverpool kepada Surabaya akan memberikan dampak yang luar biasa, terima kasih. Apa yang diberikan ke Kota Surabaya akan menjadi kenangan indah, saya yakin akan muncul pelatih-pelatih atau pemain-pemain hebat,” tuturnya.

Tak luput, Wali Kota Eri juga menyampaikan pesan kepada seluruh peserta pelatihan agar tidak perlu malu dan ragu untuk bertanya kepada para pelatih. Karena, saat ini mereka sedang bertemu dengan para profesional di dunia sepak bola dari Liverpool.

“Saya berharap semua teman-teman yang mengikuti pelatihan ini jangan pernah segan untuk bertanya. Karena kita bertemu dengan orang-orang, dengan pelatih-pelatih hebat,” pesannya.

Disamping itu, Ketua Tranmere Rovers FC, Mark Palios menambahkan, bahwa dimulai di Surabaya, Tranmere Rovers FC mempunyai hubungan dua arah yang sudah terjalin baik dengan Indonesia dan memiliki banyak pengalaman di Asia. Ia pun mengaku senang karena program pengembangan sepak bola TRFC dengan Kota Surabaya dapat dimulai kembali.

“Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pendidikan bagi para pelatih. Hal ini berarti pembinaan menggunakan model four-corner FA Inggris yang telah terbukti keberhasilannya, dapat terus diajarkan kepada para pemain muda dan berbakat di Surabaya,” ujarnya.

Sejauh yang diketahui, sepak bola menjadi bidang utama kerjasama pada saat penandatanganan nota kesepahaman antara kedua Sister City yang berlangsung di Surabaya pada 19 Maret 2018.

Beberapa program sepak bola telah dilaksanakan melalui Tranmere Rovers Football Club, yang berbasis di Wirral, Merseyside, sebagai output dari nota kesepahaman itu.

Namun, setelah Covid-19 melanda dunia program pengembangan sepak bola itu sempat tertunda. Saat ini, di tengah pandemi yang sedang berlangsung, Tranmere akan menghadirkan kembali program pengembangan sepak bola hybrid terbaru.

Mulai 6 Oktober 2021 hingga enam minggu ke depan, pelatihan dengan seminar pendidikan online untuk para pelatih akan terus diselenggarakan.

Dipandu oleh pelatih akademi internasional TRFC, dan kamp pelatihan elit di Liverpool untuk U13-15 tahun Surabaya yang terpilih pada tahun 2022, program ini akan diikuti oleh pelatihan in-house di Kota Pahlawan.(*)



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Kunjungi Wisata Petik Mangga IMF, Bupati Indramayu: Semoga Jadi Destinasi Wisata Unggulan
    Kunjungi Wisata Petik Mangga IMF, Bupati Indramayu: Semoga Jadi Destinasi Wisata Unggulan
    19/10/2021 - 23:58
  • Lomba HUT ke-57 Partai Golkar, Sahat Tua Simanjuntak Ingatkan Juri Harus Obyektif
    Lomba HUT ke-57 Partai Golkar, Sahat Tua Simanjuntak Ingatkan Juri Harus Obyektif
    19/10/2021 - 23:41
  • Lihat Kondisi Anak Prajurit, Jenderal Andika Tanggung Biaya Pengobatan hingga Sembuh
    Lihat Kondisi Anak Prajurit, Jenderal Andika Tanggung Biaya Pengobatan hingga Sembuh
    19/10/2021 - 23:33
  • Matchday 3 Liga Champions, Bigmatch Atletico vs Liverpool dan Link Live Streaming
    Matchday 3 Liga Champions, Bigmatch Atletico vs Liverpool dan Link Live Streaming
    19/10/2021 - 23:00
  • Tinjau Pintu Air yang Rusak, Bupati Kediri: Segera Diperbaiki untuk Atasi Banjir
    Tinjau Pintu Air yang Rusak, Bupati Kediri: Segera Diperbaiki untuk Atasi Banjir
    19/10/2021 - 22:56

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Mom's World, Perempuan Digital Masa Kini
    Mom's World, Perempuan Digital Masa Kini
    19/10/2021 - 15:48
  • Musda KAHMI Banyuwangi Mau Dibawa Kemana?
    Musda KAHMI Banyuwangi Mau Dibawa Kemana?
    19/10/2021 - 13:30
  • Memutar Radio Kehidupan, Menjaring Frekwensi Rasulullah
    Memutar Radio Kehidupan, Menjaring Frekwensi Rasulullah
    19/10/2021 - 12:03
  • Resesi Paradigma Pendidikan Islam
    Resesi Paradigma Pendidikan Islam
    19/10/2021 - 10:00
  • Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam
    Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam
    18/10/2021 - 14:51
  • Jangan Takut Lagi Pada AS
    Jangan Takut Lagi Pada AS
    18/10/2021 - 13:03
  • Adaptasi dari Pembelajaran Daring ke Sekolah Tatap Muka Terbatas
    Adaptasi dari Pembelajaran Daring ke Sekolah Tatap Muka Terbatas
    18/10/2021 - 12:11
  • Hari Santri: Merayakan Cinta (Negeri) Karena Allah
    Hari Santri: Merayakan Cinta (Negeri) Karena Allah
    18/10/2021 - 11:34

KULINER

  • Pertama di Gresik, Bakso Lava di Atas Hot Plate
    Pertama di Gresik, Bakso Lava di Atas Hot Plate
    19/10/2021 - 14:01
  • Makan Malam Bak Artis Drakor di JW Marriott Surabaya
    Makan Malam Bak Artis Drakor di JW Marriott Surabaya
    18/10/2021 - 10:09
  • Indomie Penyet Dinoyo Surabaya, Satu Hari Habiskan 5 Dus Indomie
    Indomie Penyet Dinoyo Surabaya, Satu Hari Habiskan 5 Dus Indomie
    18/10/2021 - 05:28
  • Cerita Nasgor Robot di Malang: Berawal Karena Lengan Penjual Patah Muncul Inovasi
    Cerita Nasgor Robot di Malang: Berawal Karena Lengan Penjual Patah Muncul Inovasi
    17/10/2021 - 11:53
  • De Bamboo, Café dengan Pemandangan Eksotik Kota Batu
    De Bamboo, Café dengan Pemandangan Eksotik Kota Batu
    17/10/2021 - 04:20