Olahraga

Olahraga Tradisional Gobak Sodor Belum Diizinkan di Bondowoso

Jumat, 08 Oktober 2021 - 17:40 | 40.90k
Kabid Pemuda dah Olahraga, Disparpora Bondowoso, Ririn Mardikaningrum (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kabid Pemuda dah Olahraga, Disparpora Bondowoso, Ririn Mardikaningrum (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Meskipun kasus Covid-19 sudah sangat landai. Namun pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, belum mengizinkan warga menggelar permainan tradisional hadang alias Gobak Sodor

Kabid Pemuda dah Olahraga, Disparpora Bondowoso, Ririn Mardikaningrum mengatakan, tidak diperbolehkannya Gobak Sodor sesuai dengan Surat Edaran Bupati Bondowoso.  "Masyarakat tidak boleh mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan, salah satunya Gobak Sodor," katanya.

Pihaknya tak menampik bahwa olahraga hadang itu bisa mnyehatkan. Tapi karena menimbulkan kerumunan maka tidak diizinkan. Seperti diketahui penontonnya juga tidak sedikit. Apalagi kata dia, PPKM Bondowoso masih masuk level 3. Oleh karenanya, olahraga yang dapat bersentuhan fisik seperti sepakbola, futsal dan voli dilarang. 

"Kami menyebar surat edaran ke tingkat bawah terkait larangan tersebut. Kami sudah asesmen dua kali. Tetap jawabannya tidak boleh," lanjutnya.

Pihaknya tetap melakukan pemantauan. Menurutnya, jika ada penularan virus akibat kegiatan tersebut, maka penyelenggara harus bertanggungjawab. "Bila ada kejadian, itu tanggung jawab Anda sendiri," imbuhnya.

Menurutnya, olahraga tradisional sempat direncanakan digelar kembali saat Bondowoso masuk level I beberapa pekan lalu.  Bahkan Disparpora sudah melakukan asesmen protokol kesehatan di beberapa titik, namun upaya tersebut urung terwujud karena Bondowoso kembali ke level III.

"Artinya olahraga yang level III tetap ditiadakan. Kecuali kalau latihan," papar Ririn saat dikonfirmasi. 

Seperti diketahui, pertandingan Gobak Sodor atau olahraga hadang di Kabupaten Bondowoso sangat digemari warga. Saat ada pertandingan persahabatan, penontonnya pun bisa ratusan orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES