Peristiwa Internasional

Jurnalis Maria Ressa dan Dmitry Muratov Raih Nobel Perdamaian 2021

Jumat, 08 Oktober 2021 - 16:55 | 28.56k
Jurnalis Maria Ressa dan Dmitry Muratov memenangkan Nobel Perdamaian 2021. (FOTO: Akun Twitter @NobelPrize)
Jurnalis Maria Ressa dan Dmitry Muratov memenangkan Nobel Perdamaian 2021. (FOTO: Akun Twitter @NobelPrize)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komite Nobel Norwegia memutuskan untuk menganugerahkan Nobel Perdamaian 2021 kepada Maria Ressa dari Filipina dan Dmitry Muratov asal Rusia.

Nobel Perdamaian 2021 diberikan kepada dua jurnalis tersebut atas upaya mereka untuk menjaga kebebasan berekspresi, yang merupakan prasyarat bagi demokrasi dan perdamaian abadi.

Dikutip dari cnn.com, Maria Ressa adalah CEO Rappler, media berita yang kritis terhadap pemerintahan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Sementara Dmitry Muratov mengepalai surat kabar independen Rusia Novaya Gazeta.

"Jurnalisme yang bebas, independen, dan berdasarkan fakta berfungsi untuk melindungi dari penyalahgunaan kekuasaan, kebohongan, dan propaganda perang," kata ketua Komite Nobel Norwegia, Berit Reiss-Andersen, saat mengumumkan penghargaan Nobel Perdamaian 2021 di Oslo, Jumat (8/10/2021).

Berit Reiss-Andersen mengatakan pilihan komite "dimaksudkan untuk menggarisbawahi pentingnya melindungi dan membela hak-hak dasar ini."

BACA JUGA: Abdulrazak Gurnah Menangkan Nobel Sastra Tahun 2021

Penghargaan Nobel Perdamaian ini merupakan kali ke-102 diberikan. Sebelumnya, pemenang Nobel Perdamaian di antaranya ada Nelson Mandela, Martin Luther King, Jr., Lech Walesa, dan Mikhail Gorbachev.

Tahun lalu, mengutip aljazeera.com, Nobel Perdamaian diberikan kepada Program Pangan Dunia (FAO) atas upayanya memerangi kelaparan dan kerawanan pangan di seluruh dunia.

Nama jurnalis Maria Ressa menjadi wanita pertama yang dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian tahun ini. Selain bidang perdamaian, ada pula Nobel di bidang kedokteran, fisika, kimia, dan sastra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES