Wisata PPKM Darurat

Uji Coba New Normal, Tempat Wisata di Kota Blitar Mulai Dibuka

Jumat, 08 Oktober 2021 - 13:55 | 71.58k
Andriawan, pemilik Fish Garden menunjukkan barcode aplikasi PeduliLindungi, Jum'at (8/10/2021), (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
Andriawan, pemilik Fish Garden menunjukkan barcode aplikasi PeduliLindungi, Jum'at (8/10/2021), (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
FOKUS

PPKM Darurat

TIMESINDONESIA, BLITAR – Tempat wisata di Kota Blitar Jawa timur sudah mulai akan dibuka. Hal itu menyusul masuknya Kota Blitar dalam PPKM level 1 atau New Normal

Salah satunya Wisata Fish Garden di Jalan Bengawan Solo Kota Blitar. Wisata Edukasi Ikan air tawar tersebut sudah siap dibuka kembali. 

Pantauan TIMES Indonesia Jum'at (8/10/2021), karyawan Fish Garden sudah mulai membersihkan tempat wisata yang sempat tutup selama tiga bulan tersebut. di beberapa titik sudah tersedia tempat cuci tangan untuk pengunjung. Banner barcode Aplikasi PeduliLindungi juga sudah terpampang di depan pintu masuk. 

"Kita akan buka berdasarkan instruksi wali kota tentang PPKM level satu. Kita masih mengajukan permohonan buka kepada satgas Covid 19 Kota Blitar," kata Andriawan Prasetyo, owner Fish Garden.

Deretan-ikan-air-tawar-di-Wisata-Fish-Garden-Jalan-Bengawan-Solo.jpgDeretan ikan air tawar di Wisata Fish Garden Jalan Bengawan Solo Pakunden Kota Blitar. (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

Menurutnya, berdasarkan Instruksi Wali Kota, tempat wisata sudah bisa buka dengan kapasitas pengunjung 75 persen pada penerapan PPKM level 1. Tentunya, dengan protokol kesehatan ketat dan memaki barcode aplikasi peduli lindungi.

"PPKM level satu ini menjadi angin segar buat pelaku wisata yang selama ini terpuruk selama pandemi," jelasnya.

Andriawan menegaskan, Fish Garden juga mendapatkan barcode aplikasi PeduliLindung. Pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan ketat bagi pengunjung. Mulai dari scan barcode aplikasi PeduliLindung, skrining atau pengecekan suhu tubuh. Dan memastikan pengunjung memakai masker dan tidak berkerumun.

"Jadi mulai masuk pertama kali itu Scan barcode. Kemudian selama di dalam juga kita terapkan protokol itu. Ketika keluar juga harus scan barcode lagi untuk cek out," jelasnya.

Lebih jauh, Andriawan mengemukakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil monitoring kesiapan Fish Garden oleh satgas Covid 19 Kota Blitar. Jika nanti, boleh dibuka ia berharap anak anak usia dibawah 12 tahun bisa masuk Fish Garden. Mengingat, Fish Garden merupakan wisata edukasi yang wahana utamanya adalah khusus anak anak.

"Namun, melihat dari instruksi Wali Kota tidak disebutkan yang 12 tahun ke bawah bisa masuk apa tidak," urainya.

Hal sama, juga terlihat di Agro wisata Blimbing Karangsari Kota Blitar. Wisata Blimbing di Jalan Cemara Kota Blitar juga siap dibuka. 

Gatot, Pengurus Agro wisata Blimbing Karangsari juga menyambut baik penerapan PPKM level 1 di kota Blitar. Baginya hal ini merupakan angin segar bagi dunia wisata. "Minggu lalu, kami sudah uji coba. Besok Sabtu kami akan buka kembali," urainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES