Pendidikan

Raih 6 Medali, Polije Sabet Juara Umum di AITeC III 2021

Jumat, 08 Oktober 2021 - 11:13 | 58.96k
Penyerahan piala kepada mahasiswa Polije yang menjuarai teknik proses karkas ayam. (FOTO: Arip Ripaldi TIMES Indonesia)
Penyerahan piala kepada mahasiswa Polije yang menjuarai teknik proses karkas ayam. (FOTO: Arip Ripaldi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Tuan rumah Politeknik Negeri Jember (Polije) tampil gemilang dalam babak final AITEC 2021 (Agricultural Innovation Technology Competition). Hal itu dibuktikan dengan diraihnya tiga mendali emas, dua mendali perak dan satu mendali perunggu. Ini menempatkan Polije sebagai juara umum.

Direktur Polije, Saiful Anwar mengungkapkan rasa syukurnya atas torehan tersebut. 

"Alhamdulillah Politeknik Jember kembali dipercaya menjadi juara umum di lomba inovasi teknologi di bidang pertanian secara nasional," tutur Anwar, saat ditemui TIMES Indonesia, pada Kamis (7/10/2021) malam. 

Ia menjelaskan, AITeC III merupakan lomba yang cukup bergengsi untuk seluruh politeknik negeri dan universitas yang membidangi di bidang pertanian. 

Penyerahan-piala-bergilir-kepada-Polije-2.jpgPenyerahan piala bergilir kepada Polije, karena berhasil meraih juara umum. (FOTO: Arip Ripaldi TIMES Inodnesia)

"Ini menjadi spirit bagi kita untuk meningkatkan kompetensi di bidang pertanian khususnya bagi mahasiswa yang memang fokus di bidang pertanian dan ini menunjukkan pada masyarakat bahwa Polije memang kompeten dalam rangka untuk menguatkan di bidang pertanian," ungkapnya. 

Anwar berharap, pengakuan juara umum di AITeC III ini dapat menjadi komitmen dalam rangka terus membangun Kabupaten Jember atau wilayah-wilayah lain yg membutuhkan sinergisitas antara Polije dengan kabupaten terkait untuk menguatkan di bidang pembangunan Pertanian. 

Kepastian gelar juara umum AITeC III didapat Polije setelah sukses meraih tiga medali emas dari delapan Mendali yang diperebutkan pada babak final. Dari 19 Perguruan Tinggi dan 327 peserta dalam perlombaan satu cabang Inovasi Teknologi Bidang Pertanian, dan tujuh cabang Vokasi (Kontes Teknik Okulasi Tanaman, Kontes Formulasi Pakan Ternak dan Ikan, Kontes Menggambar Teknik Alat/Komponen Pertanian dengan AutoCAD, Kontes Penyuluhan Pertanian, Kontes Desain Kemasan Produk Hasil Pertanian, Kontes Teknik Proses Fillet Ikan dan Kontes Teknik Proses Karkas Ayam). 

Dari tiga mendali emas tersebut, meliputi kontes teknik okulasi tanaman, Juara 1, Yoga Trisdiyanto, Politeknik Negeri Jember, dengan torehan nilai, 641,6 dan mencatat kan waktu 7 Menit, 50 Detik.

Kemudian Kontes Karkas ayam, Juara 1, Dimas Khoirul Wafi, Politeknik Negeri Jember, dengan torehan nilai 5,77.

Untuk Kontes Desain Kemasan Produk Hasil Pertanian, Juara 1, Salma Frida Valentina, Politeknik Negeri Jember, demgan nilai 607,83.

Sedangkan, untuk Kompetisi inovasi teknologi bidang pertanian, Juara 1, Nita Rizqi Amalia, Politeknik Negeri Banyuwangi, dengan torehan poin 652,5. Kontes teknik proses fillet ikan Juara 1, Dewi Shofia Bilqis, Politeknik Negeri Nusa Utara, dengan nilai 6,633. 

Kontes Formulasi Pakan Ternak dan Ikan, Juara 1, Elverda Vallentina Politeknik Negeri Lampung, 600, Nilai Ketepatan Pemilihan bahan pakan (167). Kontes Menggambar Teknik Alat/Komponen Pertanian dengan AutoCAD, Juara 1, Alfiansah Nur Wakhid, Politeknik Negeri Malang, dengan nilai 87,8571 dan Kontes Penyuluhan Pertanian, Juara 1, Rani Safitri Wulandari, Politeknik Negeri Pontianak, dengan nilai 6,600. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES