Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Andora vs Inggris, Tim Officialnya Semua Wanita

Jumat, 08 Oktober 2021 - 08:16 | 27.10k
Kateryna Monzul dari Ukraina akan menjadi wasit di tengah, dengan Maryna Striletska dan Svitlana Grushko sebagai asistennya. (FOTO: The Guardian)
Kateryna Monzul dari Ukraina akan menjadi wasit di tengah, dengan Maryna Striletska dan Svitlana Grushko sebagai asistennya. (FOTO: The Guardian)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kali pertama, pertandingan sepak bola pria senior kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dipimpin tim ofisial semuanya wanita. Peristiwa bersejarah ini akan terjadi Sabtu (9/10/2021) besok saat Andora menjamu Inggris di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup I di Andorra.

Dilansir The Guardian, Monzul akan memimpin di Estadi Nacional, setelah UEFA juga mengukuhkan rekan-rekannya sesama Ukraina, yakni Maryna Striletska dan Svitlana Grushko sebagai asisten wasit itu. 

Stéphanie Frappart dari Prancis akan menjadi VAR, meskipun peran ofisial dan asisten VAR keempat akan diisi oleh pria – masing-masing dari Ukraina Denys Shurman dan Viktor Matyash.

Monzul menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan internasional pria senior dengan pertandingan Liga Bangsa-Bangsa antara San Marino dan Gibraltar pada tahun 2020.

Dia juga menjadi wasit kemenangan kualifikasi Piala Dunia 3-1 Austria atas Kepulauan Faroe pada bulan Maret. Asistennya di Wina semuanya laki-laki, termasuk Matyash.

Kateryna MonzulKateryna Monzul wanita pertama yang memimpin 1.025 pertandingan pria Inggris. (FOTO: 7News.com.au/EPA)

Berbicara ketika Monzul dan Frappart diumumkan sebagai wasit untuk pertandingan bulan Maret, Pierluigi Collina, ketua komite wasit FIFA berujar, "FIFA akan terus memperjuangkan pengembangan wasit wanita dan saya yakin bahwa penunjukan ofisial pertandingan wanita untuk pria game akan benar-benar biasa di masa depan," ujarnya.

Monzul (40) telah menjadi wasit di empat Piala Dunia Wanita, termasuk final pada 2015 ketika Amerika Serikat mengalahkan Jepang 5-2

Dilansir BBC, Kateryna Monzul, 40, juga menjadi wasit pada  pertandingan Nations League antara San Marino dan Gibraltar tahun lalu, untuk pertama kalinya tim wasit yang semuanya perempuan memimpin pertandingan internasional pria senior.

Pada tahun 2016, Kateryna Monzul juga menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan divisi teratas pria di Ukraina dan menjadi wasit di Piala Dunia Wanita dan Kejuaraan Eropa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES