Kesehatan

Cepat Lelah saat Olahraga? Lakukan 4 Tips Mudah Ini

Jumat, 08 Oktober 2021 - 05:30 | 93.34k
Lelah saat berolahraga. (FOTO: Hello Sehat)
Lelah saat berolahraga. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa orang sering merasa cepat lelah saat olahraga. Olahraga memang membutuhkan stamina prima agar tidak mudah lelah. Namun, tidak semua orang memiliki stamina yang prima. Lalu, bagaimana meningkatkan stamina supaya tetap kuat selama olahraga?

Dilansir dari Hello Sehat, berikut tips meningkatkan stamina agar tidak cepat lelah saat olahraga.

1. Dengarkan tubuh Anda

Tidak masalah jika Anda ingin berlatih lebih keras dan mendorong diri Anda untuk terus olahraga. Hal ini memang bisa membangun stamina tubuh secara perlahan. Namun ingat, tubuh juga perlu istirahat.

Jika memang Anda sudah merasa sangat lelah, hal yang Anda butuhkan adalah istirahat yang sepadan dengan latihan yang sebelumnya dilakukan. Jangan memaksakan tubuh tetap berolahraga. Alih-alih meningkatkan stamina, tubuh malah akan semakin loyo.

2. Tingkatkan intensitas dengan perlahan

Agar tidak cepat lelah saat olahraga, Anda perlu meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Anda dapat memulai latihan dengan interval yang pendek seperti berlari, bersepeda, atau berenang. Anda juga bisa melakukan jenis latihan lain seperti burpees, squat, atau bahkan push up.

Anda juga bisa menambahkan repetisi ke dalam latihan Anda. Jika memang sudah terbiasa, Anda akan sanggup dan tidak akan merasa lelah saat olahraga.

3. Pertahankan durasi dan frekuensi olahraga

Membiasakan diri dan punya jadwal rutin olahraga adalah kunci agar tidak cepat lelah saat olahraga. Pada awalnya, lakukan olahraga dengan durasi yang sesuai kemampuan Anda dan tak perlu memaksakan diri.

Anda bisa menambahkan durasi olahraga secara perlahan. Anda bisa melakukan tiga hingga lima latihan seminggu, dengan masing-masing selama kurang lebih 20 menit.

4. Cobalah beberapa jenis olahraga

Mengganti atau melakukan latihan yang tidak itu-itu saja penting untuk membangun daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina Anda. Ini juga bisa dilakukan agar tidak cepat lelah saat olahraga. Tubuh Anda akan terbiasa dengan olahraga yang Anda lakukan setelah dua minggu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan beberapa olahraga lainnya dan tidak cepat lelah saat olahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES