Olahraga PON XX Papua

Tim Selam Jatim Juara Umum, Gondol Emas Cetak Rekor di Nomor Kolam

Kamis, 07 Oktober 2021 - 18:06 | 35.08k
Tim selam Jatim kembali sabet juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). (FOTO: KONI Jatim)
Tim selam Jatim kembali sabet juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). (FOTO: KONI Jatim)
FOKUS

PON XX Papua

TIMESINDONESIA, SURABAYATim selam Jatim berjaya di ajang PON XX Papua 2021. Petrol Kambey dan kawan-kawan berhasil mendominasi nomor kolam dengan torehan 12 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu.

Sejak hari pertama, tim selam Jatim langsung memborong empat emas sekaligus lewat Bima Dea dan Vania Elvira yang tampil nomor 400 meter serta Petrol Kambey dan Janis Rosalita di nomor 100 meter surface putra-putri.

Hari kedua, perolehan emas Jatim menyusut. Tercatat hanya ada tiga emas dari nomor 200 meter surface (Janis Rosalita) dan 50 meter surface putra-putri (Wahyu Anggoro dan Angeline Soegianto).

Pada hari terakhir, Jatim kembali mengganas. Dari enam nomor yang dilombakan, lima emas berhasil dibawa pulang. Dimulai dari nomor 800 meter surface putra, atlet asal Malang, Bima Dea sukses mencatatkan waktu 6 menit 59,12 detik.

Dengan catatan itu, ia berhak merengkuh emas keduanya pada event multisport empat tahunan ini. Perolehan medali emas Jatim berikutnya didapat dari Andhini Muthia yang tampil di nomor 800 meter surface putri.

Atlet belia berusia 13 tahun ini membukukan waktu 7 menit 25,95 detik, mengungguli perwakilan Jawa Barat (Oza Feby Mulyani) dan Banten (Amartya Latifa).

Peselam senior Jatim juga tak mau kalah, Petrol Kambey juga berhak membawa pulang dua emasnya setelah tampil gemilang di nomor 50 meter apnea putra dengan tempo 13,55 detik.

Berbagi Emas dengan Tuan Rumah

Nomor 50 meter apnea putri juga menyumbangkan emas, setelah Angeline Soegianto berhasil finish di waktu yang sama dengan perwakilan tuan rumah, Margareta Herawati. Keduanya menurut panitia mengukir waktu 18,10 detik.

Dengan begitu Angeline dan Margareta sama-sama berbagi medali emas. Raihan medali emas Jatim disempurnakan di nomor 4x100 bifin relay putri. Nafa Amadea, Janis, Fachriza Rosyadi, dan Nadia Kusumawardani, menorehkan catatan 3 menit 25,03 detik.

Capaian 12 emas, 4 perak, dan 3 perunggu Tim Selam Jatim ini melebihi raihan di PON Jabar lalu. Saat itu Jatim juga juara umum selam dengan koleksi 11 emas, 10 perak, dan 6 perunggu. Ketua Pengprov POSSI Jatim menyebut timnya masih bisa menambah emas lewat nomor laut yang belum digelar.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES