Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Alokasi Vaksin Belum Turun, Vaksinasi Covid-19 Kedua untuk 50 Ribu Warga Ponorogo Diundur

Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:41 | 26.85k
Heni Lestari Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
Heni Lestari Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Puluhan ribu warga Kabupaten Ponorogo yang harusnya mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua dalam minggu ini harus sabar menunggu, ini setelah jatah alokasi vaksin  dari pusat belum juga turun.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo Heni Lestari, Kamis (7/10/2021). Menurut Heni Lestari, pihaknya sudah berkirim surat ke Kementerian Kesehatan RI namun belum ada tindak lanjut.

Dinkes Ponorogo 2

"Padahal sesuai data ada 50 ribu warga Ponorogo yang memperoleh vaksin dosis pertama  awal bulan lalu. Dan dijadwalkan divaksin dosis kedua minggu ini. Jika sampai hari ini belum ada kiriman vaksin dipastikan mundur dari yang direncanakan," imbuhnya.

Heni Lestari pun menjelaskan, mereka yang telah menerima  dosis pertama dan waktunya divaksin lagi tidak usah khawatir. Meski idealnya interval dosis pertama dan kedua 29 hari. Namun masih ada toleransi jika terjadi keterlambatan hingga 2 pekan mendatang.

"Jika lebih dari itu dikhawatirkan akan mempengaruhi keefektifan vaksin yang pertama," jelas Heni Lestari.

Ia pun mengungkapkan, hal ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Ponorogo saja melainkan nasional. "Hanya 15 daerah di Provinsi Jawa Timur yang kabarnya mendapat prioritas karena kasus Covid-19 tinggi," tukas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo, Heni Lestari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES