Ekonomi

Menuju Bonus Demografi 2045, Menko PMK RI: Pembangunan SDM Sudah di Jalur yang Benar

Kamis, 07 Oktober 2021 - 15:08 | 12.39k
Menko PMK saat meninjau PTM di Lampung beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram Muhadjir Effendy)
Menko PMK saat meninjau PTM di Lampung beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram Muhadjir Effendy)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK RI) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pembangunan SDM menuju Bonus Demografi pada 2045 mendatang, bukan hal sederhana.

Menurutnya, butuh kerja keras serta upaya mencari peluang seluas-luasnya untuk membuka lapangan pekerjaan. Urusan kita tidak sederhana. Urusan kita sangat berat kalau kita bicara pembangunan SDM menuju 2045. Kita tidak bisa bersantai.

"Kita harus bekerja keras dan betul-betul mencari peluang bagaimana menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya yang juga potensial artinya bisa menghasilkan pendapatan yang memadai untuk mereka usia yang produktif," ucap Menko PMK RI dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/10/2021).

Namun demikian, Muhadjir mengklaim, saat ini pembangunan SDM Indonesia sudah berada di jalur yang benar (on the track). Hal tersebut sebagaimana telah dicita-citakan Presiden Joko Widodo.

"Stunting sudah kita tangani, persoalan drop out sudah kita atasi, sampai menyiapkan masuk dunia kerja yaitu memperbanyak jumlah SMK sudah kita lakukan. Sekarang bagaimana SDM-nya agar saat nanti masuk ke dunia kerja di usia produktif bisa betul-betul produktif juga," jelasnya.

Menurut Menko PMK, apabila Indonesia gagal memanfaatkan bonus demografi dengan membuka lapangan pekerjaan yang tepat bagi generasi produktif, maka negara ini tidak akan selamat dari jebakan pendapatan menengah.

"Inilah yang paling ditakuti oleh negara-negara yang mengalami bonus demografi, termasuk Indonesia," tandas Menko PMK RI, Muhadjir Effendy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES