Pendidikan

Lantik 48 Kepala Sekolah, Ini Pesan Wali Kota Pagaralam

Kamis, 07 Oktober 2021 - 14:19 | 24.30k
Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni lantik Kepala SD dan SMP se Kota Pagaralam.  (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia) 
Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni lantik Kepala SD dan SMP se Kota Pagaralam.  (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Sebanyak 48 orang Kepala Sekolah dilantik sekaligus diambil sumpah oleh Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni. Acara dilakukan di SDN 74 Kompleks Perkantoran Gunung Gare.

Wali Kota mengatakan, ada beberapa beban tugas pokok kepala sekolah. “Pertama, Manajerial masih perlu diasah lagi, karena kita akan mendidik dan mengatur lingkungan sekolah lebih baik. Untuk itu perlu dipahami betul-betul. Kedua, pengembangan kewirausahaan, ketiga supervisi. Hal ini juga penting untuk mengontrol lingkungan. Beban kerja dilaksanakan bertujuan meningkatkan mutu sekolah,” jelasnya, Kamis (7/10/2021).

Wali kota menambahkan, selain itu ada Delapan Standar Nasional. Pertama, standar isi terkait pengembangan Kurikulum, kedua standar Proses, berkaitan pelaksanaan proses yang sedang berjalan harus bisa berimprovisasi terkait pemecahan permasalahan. Apalagi saat ini pandemi covid 19.

Ketiga, standar Kementerian Pendidikan berkaitan penilaian analisis evaluasi belajar peserta didik. Keempat, standar kelulusan. Kelima, standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Keenam, standar Pengelolaan, standar Pembiayaan Pendidikan dan standar Pelaksanaan Pendidikan.

“Penugasan guru sebagai kepala sekolah dipandang perlu. Untuk majunya sekolah, ditentukan Kepala Sekolah yang memiliki peran. Pasalnya, banyak hal yang dikembangkan di sekolah meski di tengah keterbatasan,” ingatnya.

Wali kota meminta kepala sekolah tidak sungkan menjelaskan permasalahan di sekolah ke Dinas Pendidikan, supaya bisa terselesaikan serta bisa mewujudkan sekolah terbaik, dari sisi manajemen (pengelolaan) maupun dari sisi kelulusan. “Sekolah harus bisa memaksimalkan kelebihan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pagaralam, Marendra Oka Wijaya mengungkapkan, pengambilan sumpah dan janji kepala sekolah SD Negeri sebanyak 44 orang, dan SMP Negeri di Kota Pagaralam ada sebanyak 4 orang Kepala Sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES