Pendidikan

POP YSMI Diharapkan Mampu Tingkatkan Kompetensi Guru di Banjarnegara

Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:17 | 26.82k
YSMI audensi terkait POP dengan Kepala Dindikpora Banjarnegara, Noor Tamami. (FOTO : YSMI For TIMES Indonesia)
YSMI audensi terkait POP dengan Kepala Dindikpora Banjarnegara, Noor Tamami. (FOTO : YSMI For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Program Organisasi Penggerak (POP) Yayasan Sahabat Muda Indonesia (YSMI) diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru di Banjarnegara, utamanya dalam hal meningkatkan literasi dan karakter.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara Noor Tamami, dalam audiensi antara YSMI dengan Dindikpora, Rabu (6/10/2021).

Ia merasa senang di Kabupaten Banjarnegara ada POP yang dilaksanakan oleh Ormas YSMI.

"Saya harap nantinya ada perubahan yang baik pada sekolah-sekolah sasaran POP," katanya.

Noor Tamami  juga menyampaikan ingin melihat dari dekat, bagaimana dan sejauh mana kiprah Ormas YSMI dalam membantu peningkatan kualitas guru di Banjarnegara.

Ketua Umum YSMI Heni Purwono menjelaskan, pada POP kali ini ada 20 sekolah sasaran dengan 40 guru dan 20 kepala sekolah yang akan dilatih.  Fokusnya, peningkatan kapasitas guru dalam melakukan riset, kemudian membuat video pembelajaran dan memanfaatkan video tersebut untuk pembelajaran.

Hal itu, tambah Heni, sesuai dengan praktik baik yang sudah dilaksanakan oleh Ormasnya selama enam tahun dalam pendidikan dan pelatihan perfilman di Banjarnegara.

Meskipun demikian, Heni tidak terlalu berharap muluk hasil program ini bisa terlihat. "Kita cukup realistis, POP yang harusnya dilaksanakan satu tahun hanya dilaksanakan tiga bulan. Itupun dengan refokusing anggaran yang dipangkas lebih dari separuh," jelasnya.

"Sedangkan untuk pelatihan semuanya berbasis daring. Namun kami berusaha agar POP yang kami jalankan, paling tidak menghasilkan produk satu buku dan 20 karya film untuk meningkatkan literasi siswa," imbuh Heni Purwono, Ketua Umum YSMI.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES