Peristiwa Internasional

Lukisan Mendiang Muhammad Ali Dilelang Rp14,3 Miliar

Rabu, 06 Oktober 2021 - 18:29 | 55.25k
Muhammad Ali dianggap sebagai salah satu atlet terhebat di dunia. (FOTO: BBC/Reuters)
Muhammad Ali dianggap sebagai salah satu atlet terhebat di dunia. (FOTO: BBC/Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Koleksi langka gambar, sketsa, dan lukisan petinju besar Muhammad Ali telah terjual di lelang dengan harga hampir Rp 14,3 miliar. (FOTO: BBC)

Mendiang petinju besar, Muhammad Ali ternyata juga juga seorang seniman. Buktinya adalah 26 karya seni miliknya dilelang di rumah lelang Bonhams, New York dengan harga hampir $1 juta (£733.760) atau setara dengan Rp 14,3 miliar, Selasa (5/20/2021).

Muhammad Ali 3Sebagian lukisan karya Muhammad Ali yang dilelang (FOTO: Screenshot instagram bonhamspopularculture)

Salah satu karya yang paling dinanti, Sting Like a Bee, terjual seharga $425.000 (£311,853), lebih dari 10 kali perkiraan pra-penjualannya.

Muhammad Ali memang dipuji sebagai salah satu atlet, aktivis, penyair terhebat, tetapi  bakat artistiknya kurang dikenal.

Dilansir BBC, pihak Bonhams mengatakan, Ali menggambar dan melukis sepanjang hidupnya. Ini didorong oleh ayahnya yang juga adalah seorang seniman profesional dan akhirnya mengambil pelajaran dari seniman olahraga LeRoy Neiman.

"Muhammad Ali adalah ikon budaya yang mendefinisikan sebuah generasi. Karya seninya menggambarkan subjek yang dekat dengan hatinya, Tinju, Hak Sipil, Agama dan Perdamaian Dunia dan Kemanusiaan," kata Direktur Budaya Populer Bonhams, Helen Hall, sebelum penjualan.

Karya-karya itu dilelang oleh kolektor seni dan temannya Rodney Hilton Brown, yang mengatakan bahwa Ali menggambar tiga gambar pertamanya untuknya setelah berkelahi di Boston pada tahun 1977. Total harga jual $945.524 (£693.788) tiga kali lebih banyak daripada yang telah telah diharapkan.

Sting Like a Bee dilukis selama pembuatan film Freedom Road di Mississippi pada tahun 1978 dan merupakan satu-satunya karya yang menyertakan puisi lengkap Muhammad Ali, kata Bonhams.

Muhammad Ali 2

Dikatakan: "Ref! dia melayang seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah. Ya, jika kamu pintar kamu berlari seperti saya!," begitu Ali sering menggambarkan gaya tinjunya melayang seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah.

Sementara itu, lukisan merah, putih dan biru tahun 1979 di atas kanvas, dengan tulisan "I Love You America," dijual seharga $ 150.000. "Sketsa tahun 1967 dengan pulpen yang membandingkan Islam dengan Kristen terjual $ 24.000," lapor kantor berita Reuters.

Petinju besar yang ternyata juga seniman, Muhammad Ali meninggal pada tahun 2016 dalam usia 74, setelah beberapa dekade berjuang mengatasi penyakit otak degeneratif, parkinson. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES