Peristiwa Daerah

Anggaran Baju Dinas Anggota DPRD Bondowoso Mencapai Rp285 Juta

Rabu, 06 Oktober 2021 - 18:35 | 52.98k
Ruang DPRD Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ruang DPRD Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bondowoso (DPRD Bondowoso), Jawa Timur, mengalokasikan anggaran untuk baju dinas pimpinan dan anggota dewan sebesar Rp285 juta lebih.

Berdasarkan informasi dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bondowoso di http://lpse.bondowosokab.go.id/ pengadaan belanja pakaian dinas pimpinan dan anggota DPRD itu senilai Rp 285.750.000.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Sekretaris DPRD Bondowoso, Solikhin mengatakan, anggaran baju dinas tersebut diperuntukkan bagi 45 anggota DPRD. Menurutnya, setiap anggota dewan akan mendapat baju dinas sekitar empat sampai lima pasang. 

"Itu lupa saya, kalau tidak salah empat. Sekitar lima atau empat per anggota dewan," katanya tidak bisa menyebutkan secara pasti.

Dia menilai anggaran yang hampir menyentuh angka Rp 300 juta itu masih wajar dan sederhana. Apalagi dibanding daerah lain. Anggaran untuk belanja baju dinas itu kata dia, diatur dalam PP nomor 18 tahun 2017. Yakni memang sudah ada amanah peraturan pemerintah. 

"Penganggaran baju ini merupakan hak anggota dewan. Iya setiap tahun (ada anggaran)," jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa pakaian nantinya. Yakni baju rapat, Pakaian Sipil Resmi (PSR), Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Sipil Harian (PSH) dan juga batik. Sementara mengenai penganggaran untuk baju dinas di tengah pandemi dianggapnya wajar saja. "Namanya pejabat ya, masak bajunya rapat itu-itu saja," imbuhnya. 

Menurutnya, anggaran DPRD Bondowoso juga telah direfocusing untuk menutupi defisit. "Bisa efisiensi dari yang lain, tak harus dari itu (anggaran baju dinas)," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES