Kuliner

Lamongan Trending di Twitter, Yuk Intip Kuliner Lezat dari Kabupaten di Jatim Ini

Rabu, 06 Oktober 2021 - 17:24 | 71.08k
Salah satu penjual Sego Boran yang ada di Plaza Lamongan. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Salah satu penjual Sego Boran yang ada di Plaza Lamongan. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANLamongan mendadak masuk ke dalam daftar trending topic di Twitter, pada Rabu (6/10/2021). Hal itu merupakan imbas dari cuitan dari mantan politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaen, yang menyebut bahwa Kabupaten Lamongan merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Nah, mumpung lagi trending, mari kita intip beberapa kuliner lezat yang ada di sebuah kabupaten kecil yang ada di Provinsi Jawa Timur tersebut. Lamongan memang lebih dikenal dengan sebutan Kota Soto, tapi perlu diketahui bahwa di Lamongan juga memiliki berbagai macam kuliner yang patut dicoba kelezatannya.

Sego Boran b

Misalnya saja Sego Boran, yang menjadi salah satu makanan khas Kabupaten Lamongan, selain Soto Lamongan. Namun Sego Boran bisa dibilang lebih eksklusif, karena hanya dijual di Lamongan. Selain itu, para penjual Sego Boran juga berasal dari satu desa, yaitu Desa Sumberejo.

Seporsi nasi boranan terdiri dari nasi, rempeyek dan berbagai jenis lauk pauk yang bisa dipilih oleh pembeli, kemudian disiram dengan bumbu yang memiliki citarasa yang khas.

Lauk yang tersedia cukup beragam, mulau dari daging ayam, jeroan, sate uritan (bakal calon telur ayam), ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe hingga ikan sili yang merupakan lauk spesial. Makanan ini sangat mudah ditemui di sekitar kota, mulai pagi hingga malam hari.

Kemudian ada juga Tahu Campur. Makanan khas Lamongan ini terdiri dari daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, sambal dan kuah dengan rasa yang gurih.

Selanjutnya adalah Nasi Muduk. Makanan ini hanya bisa ditemui di pesisir utara Lamongan. Nasinya diolah dengan berbagai macam rempah sehingga rasanya gurih dan memiliki aroma yang menggugah selera makan.

Sedangkan lauknya terdiri dari berbagai hasil laut, ada ikan pindang, ikan asin sambal, cumi hitam, pepes ikan tongkol, peyek udang urap-urap rumput laut dan tidak lupa sambal yang pedasnya nendang.

Sego Boran c

Selain deretan kuliner khas Lamongan tersebut, menu lain yang juga patut dicoba adalah lodeh kuthuk (ikan gabus) asap yang memang banyak tersaji di warung-warung yang ada di Lamongan.

Lodeh kuthuk ini kaya akan rempah dan santan, dan seperti masakan khas Lamongan pada umumnya, rasa pedas gurih mendominasi dan menggoda siapapun yang ingin mencicipi masakan ini. Rasanya semakin mantap jika memakai nasi jagung.

Salah satu warung di Lamongan yang menyajikan lodeh kuthuk asap itu adalah warung kuthuk asap Bu Sanati,  yang lokasinya berada di utara pertigaan Sumlaran, Kecamatan Sukodadi.

"Saya sudah berjualan lodeh kuthuk asap ini selama lebih kurang 32 tahun. Warung saya ini buka pagi sampai siang, sore biasanya sudah tutup," kata Ibu Sanati, Rabu (6/10/2021).

Nah, jika anda ingin mencicipi kelezatan berbagai makanan di atas dan kuliner khas Lamongan lainnya, langsung saja datang ke Kabupaten Lamongan, yang sedang trending di Twitter ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES