Pendidikan

Kembangkan Teknologi di Desa, Pemkab Malang Gandeng ITN

Rabu, 06 Oktober 2021 - 17:20 | 36.71k
Bupati Malang Abah Sanusi usai menandatangani kerjasama dengan ITN. (Foto : Bag Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).
Bupati Malang Abah Sanusi usai menandatangani kerjasama dengan ITN. (Foto : Bag Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANGPemkab Malang menggandeng perguruan tinggi ITN dalam mengembangkan teknologi bagi seluruh desa yang ada di Kabupaten Malang.

Kolaborasi antara Pemkab Malang bersama ITN ini dilakukan melalui penandatanganan kesepakatan bersama di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Rabu (6/10/2021).

Penandatanganan ini dilakukan Bupati Malang Abah Sanusi bersama Rektor ITN Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE. Hadir pula dalam Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM, pejabat Pemkab Malang dan civitas ITN.

Dalam sambutannya, Bupati Malang Abah Sanusi mengatakan, kerjasama dengan ITN ini bukan yang tahun pertama dan kali ini saja dilaksanakan, melainkan sudah kesekian kalinya.

"Kerjasama ini untuk membantu Pemkab Malang dalam rangka penerapan teknologi baik di bidang sipil dan elektronika bagi seluruh desa di Kabupaten Malang," ujar Abah Sanusi.

Bupati Sanusi a

Lebih lanjut dia mengatakan, pengembangan teknologi dilakukan berbagai bidang. Tujuannya untuk memajukan desa melalui teknologi. Selian itu, supaya desa agar semakin melek teknologi.

"Termasuk diantaranya mengarah ke digitalisasi, PLTA dan Panel Sel yang akan dikerjasamakan nantinya. MoU ini akan secepatnya dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama antara Dekan bersama OPD terkait," kata Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Menurutnya, ITN yang punya teknologi baru, akan diterapkan di masyarakat dan menjadi kolaborasi antara ITN dengan Kabupaten Malang.

"Program ini akan diterapkan tergantung survei lokasinya, untuk menentukan wilayah mana di semua desa se Kabupaten Malang yang akan dikembangkan," ucapnya.

Sementara itu, Rektor ITN Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menjelaskan terkait bentuk kerjasama teknologi desa yang dijalin dengan Pemkab Malang.

Bupati Sanusi bBupati Malang Abah Sanusi ketika penandatanganan kerjasama dengan ITN. (Foto : Bag Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).

"Pemkab Malang juga sedang berupaya untuk maju dengan konsep Smart City, dimana masyarakat didorong agar semakin proaktif dan berinisiatif untuk terlibat dalam pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi," bebernya gamblang.

Untuk itu, kata dia, ITN siap mensupport penuh agar dapat membantu Pemkab Malang dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat, khususnya pengembangan teknologi di desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES