Kuliner

Kupang Lontong, Santapan Nikmat Khas Jawa Timur yang Tak Boleh Terlewatkan

Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:08 | 162.60k
Kupang Lontong dan Kerang, Sajian khas Jawa Timur (Foto: Amirah Farah/TIMES Indonesia)
Kupang Lontong dan Kerang, Sajian khas Jawa Timur (Foto: Amirah Farah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Jawa Timur merupakan daerah dengan kuliner yang beraneka ragam. Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah kuliner kupang lontong. Kupang pada kudapan ini merujuk pada jenis kerang kecil yang biasa hidup di lumpur air asin. Kupang lontong biasa disajikan dengan siraman kuah hangat berisi racikan petis merah serta cabai yang menggugah selera.

Kupang lontong juga tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten Jember. Salah satu warung yang menyediakan sajian nikmat ini terletak di sebelah Matahari Store di Jalan Diponegoro Jember. Warung ini merupakan warung legendaris yang sudah berdiri sejak 1979.

Buka dari pukul 10.00 pagi hingga malam, warung ini masih mempertahankan resep yang sama sejak dulu. Ija, pengelola warung mengatakan bahwa warung saat ini dikelola oleh generasi ketiga.

“Dulu ini yang buka mbah saya. Jadi yang di Jember pertama kali buka ya di sini, kupang lontong Pak Japar,” tutur Ija kepada TIMES Indonesia.

Ija menerangkan kupang yang saat ini banyak ditemukan di Jember terdapat 2 jenis yakni kupang pasuruan dan kupang sidoarjo. Sejak berdiri, penggunaan kupang di tempat ini tidak pernah berubah yakni menggunakan kupang asal Pasuruan. Perbedaan terletak pada ukuran kupang dimana kupang khas Sidoarjo lebih besar dibandingkan kupang asal Pasuruan.

Kupang Lontong bWarung Kupang Lontong Mbak Lestari Jalan Sumatera No. 33 Jember (Foto: Amirah Farah/TIMES Indonesia)

Meskipun legendaris, harga kupang lontong Pak Japar tetap ramah kantong. Seporsi kupang lontong dihargai sebesar Rp10.000 saja.

Salah seorang pengunjung, Novi, menceritakan bahwa kupang lontong ini sudah ada sejak ia kecil. Meskipun sudah banyak tempat yang menjual kupang lontong, rasa dari kupang lontong ini tidak pernah berubah.

“Tetep dari dulu makan kupang ya di sini. Soalnya tau kupang lontong kan awalnya dari sini dan udah cocok sama rasanya,” ujar Novi, salah satu pengunjung setia kupang lontong legendaris.

Jika ingin merasakan sensasi kupang lontong yang berbeda, warung lain yang bisa dikunjungi di Jember adalah kupang Lontong Mbak Lestari. Terletak di Jalan Sumatera No. 33, Kupang Lontong ini menawarkan kupang lontong khas sidoarjo.

“Saya baru buka ini februari tahun 2020. Awalnya untuk resep saya coba-coba buat dan banyak yang suka akhirnya saya buka warung ini. Baru sebulan saya buka terus pandemi. Syukurnya masih tetep bisa buka dan ramai juga sering ada pesenan,” ucap Lestari, pengelola warung kupang lontong Jalan Sumatera.

Kepada TIMES Indonesia, Lestari menuturkan dalam sehari ia dapat menjual 3-4 kilogram kupang setiap harinya. Saat ini, ia bekerja seorang diri di warungnya, mulai dari menyiapkan keperluan jualan hingga melayani pelanggan. Pengunjung dapat menikmati semangkuk kupang lontongnya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp13.000 per porsi.

Warungnya juga menyediakan kerang yang memang biasa disajikan untuk menemani sajian kupang lontong ini. Jika di tempat lain kerang disajikan dengan bentuk sate, ia mengaku kerang ditempatnya sengaja untuk dibuat perporsi. Hal ini ia lakukan untuk menjaga kebersihan agar kerang tidak banyak dipegang oleh tangan ketika menusukkan kerang ke tusuk sate. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES