Pendidikan

Melalui PKKMB, Mahasiswa Unisla Miliki Kedaulatan Ilmu

Selasa, 05 Oktober 2021 - 17:42 | 52.88k
Rektor Universitas Islam Lamongan (Unisla) saat menyampaikan sambutan dalam PKKMB secara virtual, (Foto : Humas Unisla for TIMES Indonesia)
Rektor Universitas Islam Lamongan (Unisla) saat menyampaikan sambutan dalam PKKMB secara virtual, (Foto : Humas Unisla for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Melalui Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Unisla) diharapkan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedaulatan ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air dan berdaya saing global.

“Begitu para mahasiswa memasuki gerbang Kampus Hijau (sebutan Kampus Unisla), mereka harus menetapkan hati, mengkonsentrasikan pikiran, membulatkan tekat dan memantapkan niat untuk menuntut serta mempelajari ilmu tanpa batas dalam mengejar cita-cita,” ujar Rektor Unisla Bambang Eko Muljono, Selasa (5/10/2021).

Mahasiswa baru ini dikenalkan dan dipersiapkan, tutur Bambang, untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri serta mempercepat proses adaptasi di tempat yang baru.

Rektor Universitas Islam Lamongan b

“Untuk kita berikan bekal dan materi selama PKKMB agar berhasil dikemudian hari. Diantaranya, Kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembinaan kesadaran bela negara,” katanya.

Lebih lanjut, kata Bambang, sistem pendidikan tinggi di Indonesia, perguruan tinggi di era revolusi 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi Covid-19. “Kesadaran lingkungan hidup dan yang terakhir manajemen resiko kesiap-siagaan dan mitigasi bencana di perguruan tinggi,” ucapnya.

Sebagaimana Permendikbud Nomor 3 tahun 2020, jelas Bambang, Universitas Islam Lamongan (Unisla) akan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk belajar baik di program studi, di luar program studinya baik di dalam kampus maupun diluar kampus yang dikenal dengan program Merdeka Belajar kampus merdeka.

“Program ini untuk menyiapkan mahasiswa menjadi ilmuwan yang akan datang tidak hanya berpandangan sempit di dalam ilmunya semata-mata. Tetapi berkolaborasi dengan segala keilmuwan yang ada, khususnya yang ada program studinya di Unisla,” tuturnya.

Tak hanya itu, beber Bambang, program ini dirancang untuk memberikan ruang terhadap para mahasiswa dan ketertarikan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang tidak didapatkan selama di kelas program studinya.

“Karena seseorang menguasai satu ilmu tidak akan mampu dia bekerja sendiri tanpa bekerja sama dengan seseorang yang menguasai ilmu-ilmu yang lain,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestiano Dardak mengatakan, civitas akademika Universitas Islam Lamongan (Unisla) memiliki peran penting bukan hanya mendidik generasi penerus bangsa tapi memberikan sumbangsih yang nyata kepada lingkungan sekitar sesuai Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Saatnya kita menatap kebangkitan dari pandemi Covid-19. Walaupun kita menyadari bahwa Covid-19 masih berada di sekitar kita. Dan kita tidak boleh lengah secara prokes. Semangat untuk semakin produktif, segera bangkit kembali harus ada di jiwa kita semuanya,” tutur Emil Dardak seraya mengucapkan selamat dan sukses PKKMB 2021 Unisla secara virtual. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES