Peristiwa Daerah

Kabupaten Jombang PPKM Level 1, Enam Kecamatan Kini Sudah Zona Hijau

Selasa, 05 Oktober 2021 - 16:18 | 61.43k
Peta persebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang, Senin (4/10/2021) (FOTO: Dinkes Jombang)
Peta persebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang, Senin (4/10/2021) (FOTO: Dinkes Jombang)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kabar baik, data persebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang semakin hari mengalami menurun. Setidaknya kini, ada enam Kecamatan yang sudah masuk zona hijau.

Dari data yang dikutip dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang, enam kecamatan berstatus zona hijau ialah Kecamatan Kabuh, Ploso, Kudu, Tembelang, Kesamben dan Bareng. Daerah dengan status zona hijau artinya persebaran kasus covidnya Nol atau tidak ada.

Sementara itu, beberapa kecamatan lainnya juga menunjukkan perkembangan, dimana ada 12 kecamatan masuk kawasan zona kuning. Diantaranya, Kecamatan Plandaan, Ngusikan, Megaluh, Peterongan, Bandarkedungmulyo, Perak, Jogoroto, Diwek, Mojoagung, Mojowarno, Ngoro dan Wonosalam. Jika masuk zona kuning, menandakan persebaran kasus aktif Covid di daerah tersebut mencapai 1-5 kasus.

Meskipun sebagian besar sudah masuk zona hijau dan kuning, masih ada beberapa kecamatan yang bertahan di zona orange, yakni Kecamatan Jombang, Gudo dan Sumobito. Berbeda dengan zona kuning, daerah yang berada di zona orange menandakan kasus aktif Covid mencapai 6-10 kasus.

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Budi Winarno mengatakan, menurunnya persebaran Covid di Kota Beriman salah satu faktornya ialah vaksinasi. "Karena massifnya vaksinasi juga, semakin banyak warga yang sudah di vaksin. Maka akan semakin menambah imunitasnya, jadi tidak mudah terpapar Covid karena kekebalan tubuhnya," kata, Selasa (5/10/2021).

Meskipun Budi menyebut tren persebaran Covid-19 menurun, pihaknya tetap menghimbau masyarakat Jombang untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan. Ia juga mendorong, jika masih ada masyarakat yang belum vaksin untuk pro aktif mencari dimana akan dilaksanakannya vaksinasi.

"Vaksinasi door to door juga masih berjalan," tukasnya.

Berubahnya status beberapa kecamatan di Jombang ini juga menandakan, bahwa masyarakat mulai aktif untuk meningkatkan kesadaran. Dari berubahnya status, tidak ada kecamatan yang berada di zona merah.

Untuk diketahui, tren persebaran Covid-19 di Jombang secara kumulatif hingga Senin (4/10/2021) kemarin mencapai 12.301 kasus. Tingkat kesembuhan, juga bisa dikatakan tinggi yakni mencapai 87,0 persen dengan jumlah kasus sembuh mencapai 10.697 kasus.

Sementara, kasus kematian akibat Covid-19 di kabupaten Jombang sendiri, persentasenya mencapai 12,6 persen, artinya jika dihitung jumlah, ada sekitar 1.556 masyarakat yang meninggal akibat Covid.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES