Kopi TIMES

PWN PTK dan OASE di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 05 Oktober 2021 - 14:32 | 36.97k
PWN PTK dan OASE di Tengah Pandemi Covid-19
Ruchman Basori, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan alhamdulillah mengalami penurunan yang signifikan yang diindikasikan dengan turunnya leveling Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kian menggembirakan.

Dalam konteks dunia kemahasiswaan, kita tidak boleh berhenti untuk bergerak agar tidak terjadi los generation. Sebuah kekosongan langkah dan karya yang menyebabkan stagnannya sebuah generasi. Mahasiswa sebagai calon penerus kepemimpinan bangsa harus terus diberdayakan berbagai kapasitasnya.

Digelarnya Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN) PTK yang pada tahun 2021 untuk gelaran kali ke XV dan Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) untuk pertama kalinya adalah bagian dari ikhtiar itu. Olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga menjadi empat pilar penting peningkatan kapasitas mahasiswa.

PWN PTK dan Semangat Kebangsaan

Disadari atau tidak menurunnya semangat nasionalisme kita sebagai bangsa, telah terus terjadi. Angka-angka intoleransi dan radikalisme bahkan extrimisme menunjukan perkembangan yang mengkhawatirkan. Di kalangan mahasiswa, menurut data sebuah riset menunjukan bahwa, 39% mahasiswa Indonesia terpapar paham intoleransi dan radikalisme. 52% siswa setuju cara-cara kekerasan dalam mengatasi masalah keagamaan.

Perkemahan Wirakarya Nasional untuk mahasiswa PTK adalah momen penting untuk menguatkan tali kebangsaan yang mulai kendor. Semangat nasionalisme yang dicontohkan oleh the founding farther bangsa, harus diwariskan kepada generasi millenial Indonesia yang berada dalam kawah candradimuka PTK.

Selain soal kebangsaan, dalam konteks Kementerian Agama RI adalah bagaimana mahasiswa PTKI se-Indonesia menjadi bagian penting orang-orang yang mempunyai wawasan dan sikap beragama yang moderat. Memahami agama dengan keterbukaan (inklusif) dan menhindarkan diri dari ekslusifisme beragama. Agama harus hadir dalam wajahnya yang moderat dan damai dalam negara bangsa Indonesia.

Kuatnya solidaritas mahasiswa PTK juga menjadi point penting digelarnya perkemahan wirakarya, selain tentu saja kreativitas dan inovasi yang diwujudkan dalam bentuk karya ke masyarakat. Wirakarya berarti panglima yang berkarya. Karenanya ragam kegiatan PWN diarahkan agar para peserta mempunyai semangat untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat, minimal di tempat perkemahan.

Jalinan silaturrahmi mahasiswa dari Sabang-Merauke menjadi pemandangan yang indah. Tekad yang kuat dan semangat yang membaja akan trus tumbuh tidak saja di alam pikiran tetapi dalam alam penghayatan dan perbuatan. Imlementasi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka menjadi spirit, bekal dan inspirasi untuk membangun kebersamaan dan kepedulian, apalagi di tengah kondisi bangsa yang di dera pandemi Covid-19.

UIN Raden Fatah Palembang sedang terus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik. Sehingga pesan-pesan kebangsaan, moderasi beragama, solidaritas, kreativitas dan inovasi mahasiswa mampu diterjemahkan dengan baik melalui sajian perkemahan yang substanrif dan menarik. 

Tanggal 9-14 November 2021 akan hadir putera-puteri terbaik PTK di bumi perkemahan Jaka Baring dan juga UIN Raden Fatah Palembang. Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana. 

OASE Menggali Bakat

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Ditjen Pendidikan Islam pada tahun anggaran 2021 juga ingin memperluas akses sekaligus meningkatkan mutu mahasiswa PTKI di bidang agama, sians dan riset yang dibungkus melalui ajang kompetisi Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE). 

OASE merupakan pengembangan atau transformasi dari even nasional Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR). PIONIR ke IX dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tahun 2019 lalu. Untuk mewadahi bidang seni dan olahraga diberikan wadah baru Pekan Seni dan Olahraga Nasional Mahasiswa (PESONA) pada tahun 2022. Untuk OASE yang pertama kali akan digelar pada bulan oktober-November melalui seleksi dalam jaringan (DARING) dan tahap final akan dilasanakan pada tanggal 23-25 November 2022 secara luar jadingan (LURING) di UIN Ar-Raniriy Banda Aceh.

Pengembangan bakat, minat dan kegemaran mahasiswa ingin digali dan dikembangkan dalam ajang OASE. Antara agama, sains dan riset menjadi satu kesatuan yang harus dikembangkan. Apalagi setelah Kementerian Agama melakukan kebijakan transformasi kelembagaan IAIN menjadi UIN. Tentu beragam keilmuan harus berkembang dan untuk mengembangkannya tidak cukup melalui sajian kurikulum formal di bangku perkuliahan.

Para mahasiswa PTKI baik negeri maupun swasta akan menunjukan kebolehannya di Bumi Serambi Makkah. Kita akan tunjukan kepada dunia, bahwa saat ini PTKI memiliki beragam layanan program studi dan kegiatan kemahasiswaan yang sangat kaya. Stigma bahwa PTKI hanya gudangnya ilmu-ilmu agama (islamic studies) saja, harus bergeser dalam benak publik.

Pada sisi lain digelarnya OASE menjadi piranti penting menambah pundi-pundi medali yang akan bernilai menyumbang derajat akreditasi. Hal ini menjadi keharusan bahwa setiap civitas akademika harus berkontribusi pada peningkatakan mutu prodi dan kelembagaan. Komitmen dan semangat mutu menjadi keniscayaan.

Selain itu melalui OASE menjadi ajang pembuktian bahwa kualitas PTKI dapat terukur terutama pada bidang-bidang pengembangan agama, sains dan riset. Ditjen Pendidikan Islam telah mencatat, sudah banyak mahasiswa yang mengambil bagian pada ajang-ajang kompetisi baik secara regional, nasional dan internasional.

Di tengah Covid-19 yang melanda bangsa, jangan sedikitpun mundur untuk bertarung. Bertarung menyambungkan generasi ke generasi yang berorientasi pada mutu dan kejayaan. Jangan sampai terjadi los generation, karena akan merugikan anak cucu kita di masa yang akan dating.

Sampai bertemu di UIN Raden Fatah Palembang di awal November dan di UIN Ar Raniri Aceh pada akhir November dalam ajang yang sama-sama bergengsi dikalangan mahasiswa PTKI. Selamat berkompetisi dan berprestasi untuk kejayaan NKRI. Wallahu a'lam bi al-shawab.

 

*) Oleh: Ruchman Basori, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Luxurious Coastal Seafood at The Alana Hotel
    Luxurious Coastal Seafood at The Alana Hotel
    20/10/2021 - 01:27
  • Kunjungi Wisata Petik Mangga IMF, Bupati Indramayu: Semoga Jadi Destinasi Wisata Unggulan
    Kunjungi Wisata Petik Mangga IMF, Bupati Indramayu: Semoga Jadi Destinasi Wisata Unggulan
    19/10/2021 - 23:58
  • Lomba HUT ke-57 Partai Golkar, Sahat Tua Simanjuntak Ingatkan Juri Harus Obyektif
    Lomba HUT ke-57 Partai Golkar, Sahat Tua Simanjuntak Ingatkan Juri Harus Obyektif
    19/10/2021 - 23:41
  • Lihat Kondisi Anak Prajurit, Jenderal Andika Tanggung Biaya Pengobatan hingga Sembuh
    Lihat Kondisi Anak Prajurit, Jenderal Andika Tanggung Biaya Pengobatan hingga Sembuh
    19/10/2021 - 23:33
  • Matchday 3 Liga Champions, Bigmatch Atletico vs Liverpool dan Link Live Streaming
    Matchday 3 Liga Champions, Bigmatch Atletico vs Liverpool dan Link Live Streaming
    19/10/2021 - 23:00

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Mom's World, Perempuan Digital Masa Kini
    Mom's World, Perempuan Digital Masa Kini
    19/10/2021 - 15:48
  • Musda KAHMI Banyuwangi Mau Dibawa Kemana?
    Musda KAHMI Banyuwangi Mau Dibawa Kemana?
    19/10/2021 - 13:30
  • Memutar Radio Kehidupan, Menjaring Frekwensi Rasulullah
    Memutar Radio Kehidupan, Menjaring Frekwensi Rasulullah
    19/10/2021 - 12:03
  • Resesi Paradigma Pendidikan Islam
    Resesi Paradigma Pendidikan Islam
    19/10/2021 - 10:00
  • Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam
    Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam
    18/10/2021 - 14:51
  • Jangan Takut Lagi Pada AS
    Jangan Takut Lagi Pada AS
    18/10/2021 - 13:03
  • Adaptasi dari Pembelajaran Daring ke Sekolah Tatap Muka Terbatas
    Adaptasi dari Pembelajaran Daring ke Sekolah Tatap Muka Terbatas
    18/10/2021 - 12:11
  • Hari Santri: Merayakan Cinta (Negeri) Karena Allah
    Hari Santri: Merayakan Cinta (Negeri) Karena Allah
    18/10/2021 - 11:34

KULINER

  • Pertama di Gresik, Bakso Lava di Atas Hot Plate
    Pertama di Gresik, Bakso Lava di Atas Hot Plate
    19/10/2021 - 14:01
  • Makan Malam Bak Artis Drakor di JW Marriott Surabaya
    Makan Malam Bak Artis Drakor di JW Marriott Surabaya
    18/10/2021 - 10:09
  • Indomie Penyet Dinoyo Surabaya, Satu Hari Habiskan 5 Dus Indomie
    Indomie Penyet Dinoyo Surabaya, Satu Hari Habiskan 5 Dus Indomie
    18/10/2021 - 05:28
  • Cerita Nasgor Robot di Malang: Berawal Karena Lengan Penjual Patah Muncul Inovasi
    Cerita Nasgor Robot di Malang: Berawal Karena Lengan Penjual Patah Muncul Inovasi
    17/10/2021 - 11:53
  • De Bamboo, Café dengan Pemandangan Eksotik Kota Batu
    De Bamboo, Café dengan Pemandangan Eksotik Kota Batu
    17/10/2021 - 04:20