Gaya Hidup

Strategi Orang Tua Jaga Anak dari Covid-19 Saat PTM

Selasa, 05 Oktober 2021 - 01:06 | 48.90k
Proses Pembelajaran Tatap Muka di Surabaya. (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
Proses Pembelajaran Tatap Muka di Surabaya. (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bagi anak sekolah di masa pandemi.

Nadiem Anwar Makarim, Menteri Kemendikbud Ristek menyebut, data dari Bank Dunia dan institusi riset lainnya memaparkan bahwa dampak learning lost sangat mengkhawatirkan lantaran penundaan PTM terbatas. Terlebih lagi bagi sekolah di tingkat PAUD dan Sekolah Dasar yang dinilai paling membutuhkan penerapan PTM terbatas.

Salah satu cara mencegah penularan Covid-19 varian Delta pada anak-anak adalah setiap orang tua untuk terus menjalankan penerapan protokol kesehatan.

Orang tua juga perlu melakukan dan langkah-langkah pencegahan lainnya agar bisa mencegah penularan Covid-19 varian Delta pada anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Cara lain mencegah penularan Covid-19 varian Delta pada anak-anak adalah membatasi kegiatan anak di luar rumah.

Jika memang terpaksa, orangtua harus jalankan selalu protokol kesehatan saat pulang ke rumah. Itu antara lain anak harus memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Orangtua juga perlu memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia anak sehingga tumbuh kembang anak dapat terus optimal.

Misalnya mencukupi nutrisi dengan gizi sehat dan seimbang agar sel- sel dalam tubuh menjadi lebih baik. Dengan gizi seimbang, sel-sel yang rusal bisa cepat diperbaiki.

Orangtua juga perlu memperhatikan juga nutrisi makro dan mikro pada anak, serta jadwalkan makan yang teratur yaitu tiga kali makan besar dan jam snacking. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang mengandung sinergi probiotik dan prebiotik, serta vitamin C, D dan E sebagai penunjang daya tahan tubuh anak

Itulah cara mencegah anak-anak tertular Covid-19 varian Delta, agar pembelajaran tatap muka (PTM) digelar secara masif di sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES